Mengapa Anjing Suka Mengunyah dan Bagaimana Mengatasinya

(via animaledu.com)

Salah satu komplain owner anjing terbanyak adalah anjing mereka yang mengunyah barang-barang di sekitarnya. Sepatu, dokumen penting, mebel, dll.

Ada beberapa penyebab perilaku ini. Dengan mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah untuk Anda mencari cara menghentikannya.

Puppyhood

Atau masa kanak-kanak. Seperti manusia, anjing suka memasukkan sesuatu ke mulutnya. Mereka menggunakan mulut untuk  menjelajahi lingkungan mereka. Kabar baiknya, perilaku ini akan semakin berkurang saat mereka dewasa. Jadi untuk sekarang, Anda cukup puppy-proof rumah Anda dengan menempatkan pembersih dari bahan kimia atau tanaman yang mungkin beracun jika tertelan di tempat yang tidak bisa dijangkau anjing. Kabel listrik harus dilindungi untuk menghindari sengatan listrik. Singkirkan barang-barang yang mungkin bisa dikunyah anak anjing seperti kaos kaki, sepatu, mainan anak-anak, dll. Jangan bolehkan mereka bermain di area yang tidak puppy-proof dan pertimbangkan untuk melatih mereka tinggal di dalam kandang selama tidak ada yang mengawasi.

Separation Anxiety

Gelisah saat ditinggalkan sendirian dapat membuat anjing merusak barang-barang disekitarnya. Bacalah tips untuk Mengatasi Anjing dengan Separation Anxiety

Kebosanan

Jika anjing masih memiliki banyak energi, ia harus melampiaskannya – dan bisa jadi dengan mengunyah sepatu baru Anda. Perhatikan kegiatan mereka sehari-hari, apa Anda menyediakan waktu untuk membawa mereka berjalan-jalan? Apakah mereka berjalan cukup lama? Bagaimana dengan latihan mentalnya? Apakah Anda cukup sering bermain dengan mereka?

Insting

Anjing dewasa juga suka mengunyah. Perilaku ini adalah insting alami mereka – asalkan tidak berlebihan. Tegur anjing – dengan tenang – ketika mereka mulai mengunyah sesuatu yang tidak diperbolehkan.

Sediakan chew toys untuk mereka kunyah. Perhatikan bahan chew toys, beberapa ada yang mudah untuk dihancurkan sehingga bahaya jika tertelan. Pertimbangkan membeli dental chewsticks yang juga bisa membersihkan dan menyembuhkan penyakit gigi.

Pilihlah bola dengan ukuran yang tepat, supaya anjing bisa mengambil dan membawanya, tapi juga tidak terlalu kecil sehingga bisa tertelan.

Jangan beri mereka benda yang tidak layak, misalnya sepatu tua. Karena anjing tidak bisa membedakan sepatu lama dengan sepatu baru, mereka bisa mengunyah sepatu yang lain.

Masalah medis

Beberapa anjing yang memiliki masalah medis harus mengunyah agar mereka bisa memuntahkan makanannya, supaya merasa lebih baik. Jika mereka tiba-tiba melakukan ini, bawalah mereka ke dokter untuk mengetahui penyebabnya, sebelum mengira apa yang dilakukannya sebagai masalah perilaku.

Anjing bisa berhenti mengunyah sesuatu jika Anda konsisten. Teknik penting lainnya adalah dengan menegaskan barang itu milik Anda, gunakan bahasa tubuh Anda dengan tenang dan tegas.

Jika Anda masih kesulitan mencari solusi, pertimbangkan bantuan dari para ahli demi Anda dan anjing Anda, karena mengunyah benda yang berbahaya juga berdampak buruk bagi mereka

BACA JUGA:

Perilaku Umum Pada Anjing


Referensi:

https://www.cesarsway.com/dog-behavior/destructive-chewing/the-causes-of-unwanted-chewing-and-how-to-stop-it

https://www.cesarsway.com/dog-behavior/destructive-chewing/5-steps-to-correct-inappropriate-dog-chewing

Leave a Comment