Masha, ‘Hachiko’ dari Siberia

(via siberiantimes.com)
(via siberiantimes.com)

Kisah Masha mirip dengan kisah kesetiaan Hachiko, dengan settingan modern, sehingga orang-orang menyebutnya Hachiko dari Siberia. Masha adalah seekor anjing kecil yang setia menunggu tuannya yang sudah meninggal dunia pada tahun 2013 di sebuah rumah sakit di Siberia, Rusia. Masha masih menunggu di rumah sakit yang sama hingga setahun kemudian.

Masha menjadi terkenal dan dicintai semua orang di sebuah rumah sakit di distrik Novosibirsk, Siberia, Rusia itu. Bahkan para staf rumah sakit memastikan bahwa Masha mendapatkan makanan yang cukup dan tempat untuk berteduh.

Semua orang berharap suatu hari Masha akan diadopsi oleh seseorang yang menyayanginya.

“Anda bisa melihat di matanya, dia terlihat sangat sedih, matanya tidak berbinar seperti anjing yang bahagia. Anda bisa melihat ini bukti bahwa hewan sama dengan manusia,” kata dokter kepala di rumah sakit itu, Vladimir Bespalov. “Tidak ada obat apa pun yang bisa menyembuhkan Masha. Namun, kami tetap berharap Masha bisa mendapatkan rumah baru,”

Masha selalu muncul di ruang resepsionis rumah sakit setiap hari sejak majikannya mulai dirawat di rumah sakit itu pada tahun 2012.

Majikan Masha adalah seorang pria tua dari desa Dvurechie yang jatuh sakit dan datang ke rumah sakit untuk berobat dengan diantar anjing kesayangannya itu. Ia harus menginap di ruang perawatan dan Masha merupakan satu-satunya pengunjung. Saat malam tiba, Masha pulang untuk menjaga rumah majikannya. Pada pagi hari dia selalu kembali ke rumah sakit.

Salah seorang perawat, Alla Vorontsova, mengatakan, sebuah keluarga belum lama ini mencoba mengadopsi Masha. Mereka lalu membawa anjing itu ke kediaman mereka. Namun, hari berikutnya Masha sudah kembali ke rumah sakit.

“Tiga kali Masha dicoba untuk diadopsi, tapi ia selalu kembali. Ada orang asing yang mencoba mengadopsinya juga, tapi hampir tidak mungkin karena ia tidak mau meninggalkan rumah sakit. Disamping itu, kita menyayanginya dan ia menyayangi kita juga. Bagaimana ia bisa tinggal jauh? Ia akan sangat merindukan tempat ini,” kata Alla

Kisah kesetiaan seekor anjing sudah sering terjadi. Contohnya kisah terkenal Greyfriars Bobby, anjing penunggu makam milik John Gray, dan kisah Hachiko yang selalu datang ke Stasiun Shibuya, Tokyo, selama 10 tahun untuk menjemput majikannya yang telah meninggal dunia.


Referensi:

http://siberiantimes.com/other/others/features/f0037-happy-ending-as-siberias-own-hachiko-finally-gets-a-permanent-home-at-hospital/

Leave a Comment