Mengatasi Anjing dengan Separation Anxiety

(via pawsforthefuture.com)
(via pawsforthefuture.com)

Ungkapan yang umum digunakan owner anjing yang terlihat stress saat owner meninggalkan rumah – atau hanya meninggalkan ruangan – adalah “Separation Anxiety” atau rasa cemas saat ditinggalkan

Perilaku ini ditunjukkan dengan liur yang berlebihan, menggonggong, merengek, merusak barang di rumah, mencakar tembok, pintu, dan lantai, dan mencoba lari dari kandang atau ruangan.

Kadang anjing bisa berpura-pura merasa gelisah, untuk mendapatkan perhatian dari majikannya. Mereka tahu jika mereka berulah, mereka akan ditegur, dan bagi beberapa anjing, itulah perhatian yang mereka inginkan.

Penanganan perilaku ini mudah jika mereka memang hanya berpura-pura. Hanya perlu kesabaran dan perbanyak latihan agar mereka terbiasa berada di dalam kandang – jika Anda sedang di rumah atau sedang pergi. Latihan untuk patuh terus menerus, sering olahraga, dan kepemimpinan yang kuat dari Anda.

Jika anjing benar-benar merasa gelisah ketika ditinggal pergi, ini akan agak sulit untuk ditangani.

Penyebab anjing merasa gelisah

Kebanyakan penyebab dari masalah ini adalah pemilik anjing sendiri. Kita berpamitan atau melakukan suatu kebiasaan sebelum meninggalkan rumah yang menunjukkan mereka akan ditinggalkan sendirian, membuat mereka makin stress ketika mereka tahu kita akan meninggalkan rumah.

Kita suka anjing mengikuti kita saat mereka masih kecil, kita membawa mereka kemana saja untuk bersosialisasi. Dan tiba-tiba kita harus meninggalkan mereka sendiri ketika mereka mencapai umur dimana mereka masih membutuhkan kita – kita adalah sumber keyakinan, keamanan dan kawanan mereka.

Adanya perubahan dalam keseharian mereka dapat memicu kegelisahan, dan stress bisa timbul karena bosan dan kurangnya olahraga.

3 langkah untuk menyelesaikan masalah ini adalah olahraga, disiplin, dan perhatian. Anda harus bisa menyeimbangkan kesabaran, kepatuhan, dan kepercayaan diri anjing Anda.

Anjing harus memiliki keyakinan yang cukup dalam dirinya dan mempercayai kepemimpinan Anda. Saat mereka menjadi lebih percaya diri, tidak akan ada masalah ketika mereka ditinggal sendirian. Karena mereka yakin Anda akan selalu kembali.

Bagaimana cara menghindari Separation Anxiety

Dokter hewan mungkin akan memberi penenang, tapi obat tidak akan menyembuhkan perilaku ini. Obat hanya akan membantu menenangkan anjing, hanya sementara. Anda harus mencabut akar permasalahannya.

Dimulai ketika Anda pertama kali membawa anjing pulang. Seringkali anak anjing diambil dari kawanan dan mereka menangis ketika ditinggalkan sendirian. Saat itu adalah perubahan yang drastis untuk si anak anjing, karena mereka tidak bersama dengan kawanannya. Ketika mereka menangis, kita datang dan menggendong karena kasihan, mereka melihat itu sebagai hadiah. Jangan memberi apa yang mereka inginkan ketika mereka melakukan apa yang tidak Anda sukai.

Dari awal, kita harus selalu mengajari mereka untuk sabar dan tenang. Berilah hadiah saat mereka berhasil menjadi anak baik. Ketika mereka sedang dikeluarkan dari kandang, jangan selalu bermain dengan mereka. Mereka harus bisa bermain sendiri tanpa menghiraukan kita.

Ajarkan anjing untuk menyukai kandang mereka. Biarkan mereka berkeliling rumah dengan diawasi, supaya mereka tahu batasan-batasan dalam lingkungan tempat tinggalnya.

Pentingnya latihan kepatuhan dan kedisiplinan

Masalah perilaku ini bisa diatasi dengan latihan kepatuhan dan kedisiplinan. Mereka akan tahu apa yang kita inginkan, yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Kita ingin membentuk perilaku baik agar menjadi kebiasaan mereka. Mereka akan merasa bersalah ketika melakukan sesuatu yang tidak diinginkan.

Sisihkan waktu untuk melatih anjing, tidak hanya seminggu sekali, tapi sering dan konsisten. Tunjukkan apa yang Anda mau seperti mengajar mereka untuk duduk saat ada tamu atau ketika bertemu dengan anjing lain. Pada intinya, Anda harus mengajarkan anjing untuk bersikap hormat dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Rehabilitasi dimulai ketika anjing tahu apa yang Anda harapkan untuk mereka lakukan. Anda dan keluarga Anda adalah pemimpin kawanan, dan Anda seharusnya dinilai sebagai pemimpin, bukan diktator. Misalnya ketika anjing mendekat dan menyenggol tangan Anda. Anda mungkin berpikir perilaku ini lucu dan mulai mengelusnya. Ini akan menjadi kebiasaan, dan anjing akan berpikir “Aku yang mengontrol, aku bisa memerintah Anda.” dan ketika kita tidak menurutinya, ia menjadi stress.

Latihan supaya betah di dalam kandang.

Ajari anjing untuk merasa nyaman berada di kandangnya. Berilah makan di dalam kandang, mainan di dalam kandang, dan jangan menaruh air minum di dalamnya, karena bisa jadi sangat berantakan. Kandang harus cukup besar. Mereka harus bisa berdiri tanpa menyentuh atap, dan bisa bergerak bebas di dalam kandang.

Jika mereka menggonggong, ajari mereka untuk diam dengan menyela saat mereka menggonggong. Mereka akan tahu kita tidak akan memberi hadiah jika mereka menggonggong.

Ketika Anda akan meninggalkan mereka, pergilah dengan tenang dan jangan beri tanda-tanda. Jangan berpamitan. Ambil kunci mobil, nyalakan mesin, dan kembali ke dalam rumah dengan tidak memperhatikan mereka. Lakukan apa yang selalu Anda lakukan ketika meninggalkan rumah.

Ketika Anda pulang, jangan langsung memberi mereka perhatian. Anda boleh tersenyum atau menyapa jika mereka tenang dan santai. Tetapi jika mereka menggonggong minta keluar, jangan hiraukan dan pergilah.

Baru kembali ketika mereka sudah tenang. Mintalah mereka untuk menunggu di dalam kandang ketika Anda membuka kandang. Mereka tidak boleh langsung lompat keluar kandang. Jika salah satu gerakan Anda, misalnya mengambil kunci mobil atau membuka pintu, membuat mereka terlihat gelisah, lakukan itu terus menerus di depan mereka hingga mereka terbiasa.

Taruh kandang di tempat paling ramai di rumah Anda. Tujuannya supaya anjing terbiasa dengan semua gerakan, suara dan aktifitas di dalam rumah. Mereka harus sadar, mereka tidak terlibat dengan rumah tangga karena Anda yang berkuasa di rumah.

Anda mungkin punya dua kandang, jika Anda mau anjing tidur di sebelah Anda di dalam kamar. Menutupi kandang dengan kain akan memberi kesan aman dan anjing mungkin menyukainya.

Anjing juga bisa menyukai musik dan TV, jadi biarkan menyala untuk mereka. Itu akan membuat mereka terbiasa dengan suara dan membuat mereka merasa aman.

Ubah kebiasaan Anda

Anjing mungkin menyadari kebiasaan Anda, tapi Anda bisa menggunakan pintu lain, menaruh jaket di tempat lain, buatlah perbedaan. Jika Anda sedang menonton TV atau bekerja di depan laptop dan anjing berdiri setiap kali anda berdiri, duduklah lagi.

Anjing tidak harus mengikuti anda kemanapun. Mereka boleh memperhatikan tapi mereka hanya boleh mengikuti ketika Anda membutuhkan kehadiran mereka. Perubahan kecil ini akan membantu Anda mengajari anjing untuk memiliki kepercayaan diri yang dibutuhkan saat ditinggal sendirian.

Kegelisahan bisa disembuhkan. Beberapa anjing mungkin mudah untuk disembuhkan, beberapa lebih sulit. Dibutuhkan waktu, kesabaran, dan konsistensi.

Latihan, kepatuhan, dan gaya hidup; kepemimpinan, peraturan, batas, dan larangan. Semua ini diperlukan untuk anjing yang stabil. Konsistensi dari Anda dan setiap orang di rumah bisa jadi krusial untuk meningkatkan keyakinan mereka terhadap Anda sebagai pemimpin, dan terhadap dirinya sendiri.

BACA JUGA:

Perilaku Umum Pada Anjing


Referensi:

https://www.cesarsway.com/dog-behavior/anxiety/dealing-with-separation-anxiety

Leave a Comment