10 Hal yang Tidak Disukai Anjing (Tapi Dilakukan Manusia)

10 hal yang tidak disukai anjing tapi masih saja secara sadar atau tidak, dilakukan manusia.

# 1 – Memeluk

Anjing merasa tidak nyaman saat dipeluk. Apalagi oleh orang asing. Tangan Anda di sekitar lehernya dapat dilihat sebagai ancaman. Alternatifnya, Anda bisa membiarkan anjing memeluk dengan caranya sendiri dan eluslah mereka di punggung atau dada (terutama jika Anda tidak terlalu mengenal anjingnya). Sangat penting untuk mengetahui batasan anjing Anda. Perhatikan bahasa tubuhnya.

#2 – Menyentuh wajah

Jangan menyentuh wajah anjing, apalagi jika Anda tidak terlalu mengenalnya. Jika anjing Anda memang membutuhkan, seperti membersihkan telinga atau mulut, lakukan dengan lembut dan beri anjing hadiah atau pujian.

#3 – Tidak Memperbolehkan Anjing Mencium dan Menjelajah Saat Berjalan-jalan

Biarkan mereka mencium dan menjelajah karena sebenarnya anjing suka melakukannya.

#4- Kurangnya Rutinitas dan Peraturan

Mereka membutuhkan peraturan. Latihan itu penting untuk membangun struktur dalam hidup mereka, sedangkan rutinitas penting untuk jam tubuh mereka. Beri makan mereka di saat yang sama setiap hari, olahraga di waktu yang sama setiap hari jika diperlukan.

#5 – Berteriak dan Hukuman yang Kasar.

Anjing mengerti emosi kita ketika kita marah meskipun bukan kata-kata yang kita keluarkan. Mereka akan merasa takut, bukan hormat. Dan Anda tidak membangun hubungan yang kuat dengan berteriak.

#6 – Memakaikan Baju

Anjing tidak merasa nyaman saat memakai baju. Jika anjing membutuhkan perlindungan dari hawa dingin, Anda dapat memberi kain seperti sweaters dan jaket.

#7 – Parfum yang Kuat

Indera penciuman anjing 10,000 sampai 100,000 kali lebih sensitif dari manusia. Parfum yang kuat akan membuat mereka tidak nyaman.

#8 – Ditinggalkan Sendirian atau Diabaikan

Anjing adalah makluk sosial yang sebenarnya tidak suka ditinggalkan sendiri. Beberapa anjing merasa nyaman dengan anjing lain, tapi ada yang hanya menginginkan ditemani manusia.

#9 – Memaksa Mereka ke Situasi yang Membuat Tidak Nyaman

Kadang kita mengalaminya: anjing tidak mau dibawa ke suatu tempat atau melakukan sesuatu. Sering terjadi di dokter hewan dan seringkali karena mereka memiliki ketakutan atau fobia atas tempat tertentu.

#10 – Merasa sedih

Anjing dapat merasakan emosi manusia. Mereka dapat merasakan apa yang kita rasakan saat kita sedang sedih. Usahakan untuk melakukan sesuatu yang rutin dan luangkan waktu bersama anjing Anda. Anjing dapat membantu memberi dukungan emosi.


Referensi:

http://dogs.about.com/od/caringfordogsandpuppies/ss/10-Things-People-Do-That-Dogs-Canrsquot-Stand.htm#showall

Leave a Comment