Mengapa Anjing Terengah – Engah?

(via dogsaholic.com)
(via dogsaholic.com)

Semua anjing pasti melakukannya: terengah-engah (panting). Terengah-engah adalah perilaku yang normal dilakukan anjing. Sayangnya, manusia sering menyalah artikan perilaku ini. Jika Anda memperhatikan dengan seksama, Anda pasti bisa membedakan mana yang normal, dan mana yang terengah-engah karena kesakitan. Berikut adalah alasan anjing terengah-engah.

Anjing terengah-engah untuk menurunkan suhu tubuh

Meskipun mereka tidak kepanasan, anjing akan terengah-engah setelah melakukan aktifitas yang melelahkan – sama seperti manusia setelah berolahraga. Terengah-engah adalah cara mereka untuk mendinginkan badan karena mereka tidak bisa mengeluarkan keringat seperti manusia. Mereka berkeringat sedikit melalui bantalan kakinya, tapi ini biasanya tidak bisa dengan cepat mendinginkan tubuh mereka. Jadi mereka mendinginkan tubuh melalui mulut.

Terengah-engah akan mengeluarkan panas dan menggantinya dengan memasukkan udara yang lebih dingin. Jika Anda bayangkan, proses ini memang tidak efisien. Bahkan lebih tidak efisien lagi untuk anjing dengan wajah pendek seperti Bulldog atau Pugs. Itulah mengapa anjing mulai terengah-engah bahkan ketika mereka baru mulai merasa hangat.

Semakin panas, semakin intens mereka terengah-engah.

Jika mereka terlihat agresif saat terengah-engah, mungkin saja mereka terlalu lelah atau kepanasan. Saat terengah-engah perhatikan jika: lidah dan gusi memerah, mata melebar, dan lidah terjulur keluar. Bisa jadi mereka dehidrasi atau kepanasan. Ambil langkah untuk membuat mereka tetap dingin dengan cara meminimalkan sengatan sinar matahari. Hati-hati saat udara panas.

Anjing Terengah-engah Saat Gelisah atau Stress

Terengah-engah tidak hanya selalu karena suhu tubuh. Banyak anjing yang terengah-engah ketika mereka gelisah, stress, atau ketakutan. Misalnya ketika naik mobil, melihat kembang api, saat ditinggalkan sendirian, pergi ke dokter hewan, dan lain-lain. Perhatikan bahasa tubuh anjing Anda untuk mengetahui penyebabnya. Jika mereka terengah-engah karena takut, gelisah, atau stress, lebih baik segera pindahkan mereka ke tempat yang membuat mereka nyaman.

Anjing Terengah-engah Saat Merasa Antusias atau Senang

Terengah-engah bisa juga karena anjing sedang dalam mood yang bagus. Jika memang begitu, bahasa tubuh anjing akan menunjukkan mood mereka. Saat mereka lebih tenang, mereka juga tidak akan terengah-engah lagi. Ingat saat mereka terengah-engah dengan mulut terbuka dan mata yang bersinar, itu menandakan anjing Anda tidak ada sedang merasa nyaman.

Terengah-engah juga bisa menjadi tanda mereka merasa tidak nyaman. Anjing sangat pintar dalam menyembunyikan rasa sakit. Beberapa anjing bahkan terlihat baik-baik saja. Tapi jika mereka sudah tidak tahan lagi, biasanya mereka terengah-engah. Lihatlah tanda lain seperti muntah, diare, lemas, dll. Hubungi dokter hewan jika Anda merasa anjing sedang sakit atau terluka.

Jika suatu hari Anda melihat anjing terengah-engah sangat intens dan tidak masuk akal, segera bawa mereka ke dokter hewan.

Beberapa alasan lain anjing terengah-engah:

  • Anda mungkin kaget, tapi peneliti menunjukkan anjing yang terengah-engah saat sedang bermain bisa berarti mereka sedang tertawa.
  • Anjing dengan wajah pesek sepertu bulldog dan pugs biasanya lebih sulit untuk bernapas dan gampang kepanasan.
  • Trauma karena shock yang membuat bernapas lebih cepat
  • Pengobatan yang diberikan dokter hewan
  • Demam
  • Kekenyangan

BACA JUGA:

Perilaku Umum Pada Anjing


Referensi:

http://dogs.about.com/od/faqs/fl/Why-Do-Dogs-Pant.htm

http://puppies.about.com/od/OwnerPuppyCare/a/Puppy-Panting.htm

Leave a Comment