Mengatasi Anjing yang Suka Menggonggong

(via yourdog.co.uk)
(via yourdog.co.uk)

Menggonggong adalah naluri alami anjing dan merupakan salah satu bentuk komunikasi mereka selain bahasa tubuh. Anjing menggonggong untuk memberi peringatan, atau untuk melindungi kawanan dan teritori mereka. Mereka juga menggonggong ketika merasa antusias.

Gonggongan seperti itu jarang menjadi gangguan dan tidak bertahan lama. Itulah kenapa ketika mereka menggonggong secara berlebihan, penyebab dan solusinya selalu sama. Ketika mereka menggonggong berlebihan, mereka ingin menyampaikan bahwa mereka sedang bosan dan menginginkan stimulasi atau tantangan.

Jadilah Pemimpin Kawanan

Gonggongan yang berlebihan menandakan adanya kesalahan pada manusia, bukan pada anjingnya. Ada sesuatu yang tidak seimbang di dalam kawanan, jadi kebutuhan anjing tidak terpenuhi. Gonggongan adalah cara mereka menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak benar.

Anjing yang menggonggong memerlukan olahraga, disiplin, dan rasa sayang. Olahraga dan disiplin akan memberi mereka stimulasi fisik dan psikologi yang mereka inginkan. Rasa sayang – hanya ketika anjing berada dalam kondisi yang tenang dan submisif – akan memperkuat perilaku yang Anda inginkan tanpa memberi Anda perilaku yang tidak diinginkan.

Mengontrol Sikap Antusias

Anda pasti sering melihat seseorang yang memiliki anjing kecil yang tidak pernah berhenti menggonggong. Kemudian mereka berusaha menghentikan gonggongan dengan mengangkat anjing. Sayangnya, cara ini salah karena ketika mereka diangkat, anjing akan berpikir kita suka dengan apa yang mereka lakukan, dan mereka mendapatkan perhatian dan rasa sayang.

Berapa banyak dari Anda yang pulang rumah disambut oleh anjing yang dengan antusias melompat-lompat dan berputar dan menggonggong? Dan berapa banyak di antara Anda segera memberi mereka kasih sayang sebagai ganti dari apa yang Anda kira rasa bahagia?

Hal ini merupakan salah satu yang paling sulit dimengerti oleh pecinta anjing. Ketika anjing kembali ke kawanan, mereka tidak disambut dengann gonggongan yang antusias dan lompatan. Kadang mereka akan saling membaui dan menggoyangkan ekor mereka tapi seringkali tidak ada keistimewaan ketika mereka kembali ke kawanan. Sayangnya kita manusia sering membuat pulang dan pergi dari rumah adalah sesuatu yang special dan ini membuat anjing Anda salah berpikir.

Jika Anda menyapa anjing dengan antusias di pagi hari, maka ia akan berharap Anda kembali dengan antusias juga. Jadi ketika menunggu Anda pulang ia akan merasa bosan dan frustasi karena banyaknya energi yang tidak dilampiaskan. Jangan membuat anjing merasa antusias sebelum Anda pergi dari rumah. Ini adalah cara yang tepat untuk mengurangi masalah gonggongan yang berlebihan.

Latihan dan Disiplin

Solusinya lebih mudah dari apa yang dibayangkan, mulailah dengan menyediakan anjing Anda waktu untuk berolahraga, juga biasakan mereka untuk mematuhi perintah Anda. Beri mereka perintah untuk dipatuhi. Tapi yang lebih penting, jangan hadiahi mereka dengan perhatian ketika mereka sedang berulah.

Jangan kuatir, anjing tidak akan berpikir anda jahat jika anda tidak memberi mereka snack atau mengelus mereka 24/7. Anjing ingin kasih sayang Anda. Melihat Anda bahagia bagi mereka adalah hadiah yang terbaik.

BACA JUGA:

Perilaku Umum Pada Anjing


Referensi:

https://www.cesarsway.com/dog-behavior/barking-and-howling/three-keys-to-stop-the-barking

Leave a Comment