Mengatasi Anjing yang Suka Menggali dan Memendam

(via petsworld.in)

Kita tahu bahwa menggali dapat merusak lingkungan tempat tinggal manusia, tapi di sisi lain, menggali adalah kegiatan yang menyehatkan untuk anjing. Bahkan perilaku ini cukup normal untuk beberapa ras anjing penggali, itu adalah bagian dari naluri mereka. Mereka menghabiskan tenaga dengan melakukan sesuatu yang familiar secara insting.

Manusia akan membawa anak mereka ke taman bermain dan membiarkan mereka bermain di dalam kotak pasir, karena menggali adalah naluri alami kita juga. saat ini kita tidak sering menggunakan insting menggali, tapi di dalam gen kita, kita masih menginginkan itu. jadi kita membiarkan anak-anak untuk bermain dan menggali di tempat khusus. Itu bisa menjadi solusi untuk pemilik anjing – untuk membuat tempat khusus di taman dimana anjing diijinkan untuk menggali.

Kalau cara ini masih tidak dapat dilakukan, pemilik anjing harus menemukan cara lain agar anjing dapat melampiaskan dan menghabiskan energi mereka. Olahraga selalu menjadi cara yang terbaik untuk menghabiskan energi. Berlari, berenang, hiking – dan banyak cara lain.

Jadi pertanyaannya, apakah Anda tahu level energy dari anjing dan apakah mereka cukup dilatih sehingga mereka tidak melampiaskannya dengan menggali, menggonggong, melompat, atau mengunyah? Apakah mereka berolahraga dan berapa lama? Jika tidak terlalu lama, disarankan untuk menambah intensitas olahraga. Jika owner tidak memiliki banyak waktu, cara lain adalah dengan memasangkan tas ransel punggung sebagai beban. Beban akan membuat energi yang dikeluarkan selama 30 menit berolahraga setara dengan 1 jam berolahraga.

Masalah lainnya adalah, anjing juga suka memendam sesuatu ke dalam tanah. owner bisa menemukan tulang belulang atau mainan mereka di tumpukan tanah kebun. kadang malah menemukan remote TV di dalam keranjang laundry yang berisi pakaian kotor, atau telpon genggam yang terbenam di bantalan sofa

Insting alami anjing adalah menyimpan barangnya dengan aman – meskipun sebenarnya barang-barang itu bukan milik mereka.

Mengapa anjing melakukan ini?

Jawaban singkatnya: mereka melakukan itu untuk bertahan hidup.

Anjing liar dan harta karun terpendam

Beberapa generasi lalu, ketika anjing masih berkeliaran secara liar dalam kawanannya, mereka harus berburu untuk makanan. Seringkali dibutuhkan waktu yang lama untuk menangkap dan mrmbunuh sesuatu, dan ketika mereka berhasil melakukan itu, binatang lain akan mengincar buruannya jika mereka mencium bau daging. Kadang juga ada waktu buruannya tidak sempat dihabiskan. Apa yang dapat dilakukan? Mereka mengubur makanannya.

Dengan mengubur bangkai dan tulang, anjing menciptakan lemari makanan alami untuk menyimpan. Tanah akan menyamarkan bau sehingga binatang lain tidak dapat menemukan harta karunnya, kesegaran juga terjaga karena terhindar dari sinar matahari.

Mengapa anjing masih suka mengubur sesuatu padahal mereka sudah dijinakkan?

Sudah jelas anjing tidak perlu takut kelaparan. Jadi kenapa mereka masih mengubur makanan? ada beberapa alasan:

Insting

Meskipun makanan selalu tersedia, tidak berarti naluri alami anjing akan terpendam. mereka mengubur makanan untuk persediaan.

Terlalu Banyak Makanan

Kadang anjing menyimpan snack karena mereka terlalu sayang untuk memakannya sekaligus. Mereka mau menyimpannya untuk dinikmati lagi nanti.

Permainan

Saat anjing merasa bosan, kesepian, atau ingin mencari perhatian, mereka akan menggali untuk membuat Anda “bermain” dengan mereka. Seringkali anjing mengubur barang yang berkilau seperti perhiasan dan jam tangan atau barang yang berharga untuk Anda, seperti sepatu atau remote TV.

Cara terbaik untuk membatasi anjing mengubur barang adalah dengan meminimalkan akses mereka dengan benda yang mungkin mereka kubur dan menambah variasi mainan. Ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter hewan juga karena bahan kimia yang sering kita gunakan di kebun kita dapat mengakibatkan diare dan sakit perut.

BACA JUGA:

Perilaku Umum Pada Anjing


Referensi:

https://www.cesarsway.com/dog-behavior/obsessive-behavior/getting-a-dog-to-stop-digging

https://www.cesarsway.com/dog-behavior/digging/why-dogs-bury-things

Leave a Comment