Mengatasi Anjing yang Suka Melompat

(via cesarsway.com)
(via cesarsway.com)

Bagaimana kita bisa tahu anjing ingin menjadi pemimpin dari kawanannya? Mudah. Jika anjing melompat ke arah kita ketika kita baru memasuki rumah, ia berusaha menjadi pemimpin kawanan. Jika mereka melompat ke arah tamu, mereka ingin menunjukkan bahwa merekalah yang berkuasa di rumah ini. Namun perilaku ini hanyalah salah satu dari sekian banyak alasan Mengapa Anjing Melompat

Sulit bagi kita untuk tidak melihat perilaku ini sebagai bentuk rasa sayang mereka atau sebuah pelukan untuk kita. Seekor anak anjing german shepherd yang melompat-lompat mungkin terlihat lucu, tapi bayangkan ketika mereka sudah dewasa dan kebiasaan ini berlanjut. German shepherd dewasa dapat merubuhkan manusia dewasa dan bahkan melukai. Lebih baik hilangkan kebiasaan ini selagi anjing masih muda.

Ada beberapa kasus dimana anjing yang merasa gelisah tahu ketika mereka melompat, kita akan menggendong dan menenangkan mereka. Banyak orang berkata “Setelah digendong, mereka menjadi tenang.”

Sayangnya itu hanyalah solusi sementara. Perilaku yang ingin kita hentikan tidak benar-benar hilang. Ketika kita menggendong anjing yang sedang gelisah, kita tidak mengajarkan mereka untuk bisa menenangkan diri sendiri.

Apapun alasannya, berikut adalah hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menghentikan perilaku ini.

Tetapkan diri Anda sebagai pemimpin kawanan (pack leader)

Ketika anjing merasa tidak ada yang memimpin suatu kawanan, mereka berusaha untuk berperan sebagai pemimpin. Biasanya hasilnya tidak menyenangkan, baik untuk anjing maupun majikannya. Pemimpin kawanan harus memimpin dengan memancarkan ketenangan dan ketegasan.

Jangan memberi mereka perhatian ketika kita baru saja sampai rumah.

Sikap ini baik jika ditujukan untuk anak kecil, namun tidak untuk anjing. Ingat, anjing adalah hewan peliharaan, dan hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah memperlakukan mereka sebagai anjing dan berkomunikasi dengan cara yang mereka pahami.

Dengan mencoba untuk tidak menyentuh, berbicara, atau melakukan eye contact setiap kali kita memasuki ruangan, anjing akan mengerti dan reaksi mereka perlahan akan berubah.

Koreksi saat anjing melompat.

Induk anjing adalah pemimpin kawanan, mereka tidak akan mentoleransi perilaku ini. Jika ia melihat sesuatu yang tidak disukainya, ia akan menghentikan anak anjing dengan sikap tegas dan tenang. Anak anjing akan belajar tentang batasan, dan kepemimpinan sang induk akan membuat anak anjing tunduk terhadap induknya.

Ketika tamu datang, perintah anjing untuk duduk.

Anjing akan mengikuti perintah kita jika mereka menghormati kita sebagai pemimpin. Ingat, pemimpin dalam dunia hewan tidak bernegosiasi untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Anda tidak bisa menjadi pemimpin sementara.

Kepemimpinan berlaku selamanya. Sikap tidak konsisten akan memicu kebingungan dan kegelisahan. Pemimpin tidak pernah tergoyahkan dalam peran mereka di dalam kawanan, dan seharusnya Anda juga.

BACA JUGA:

Perilaku Umum Pada Anjing


Referensi:

https://www.cesarsway.com/dog-behavior/jumping-on-people/jumping-on-guests

Leave a Comment