Mengapa Anjing Melompat?

(via pets4homes.co.uk)
(via pets4homes.co.uk)

Anda mungkin sering mendengar istilah “melompat-lompat bahagia” meskipun biasanya tidak benar-benar dilakukan manusia.

Ketika Anda baru sampai rumah dan melihat anjing Anda melompat-lompat dan berlari mengelilingi Anda, apa yang Anda pikirkan?

“Anjingku senang melihatku pulang”

Itu mungkin yang Anda pikirkan. Anda mungkin ikut senang ketika melihat mereka melompat-lompat. Tapi apakah Anda ikut melompat? Mungkin tidak. Anjing tidak melompat karena mereka sedang bahagia. Mereka melompat karena rasa antusias yang tinggi dari energi yang belum dihabiskan. Jika anjing sering merasa gelisah ketika ditinggalkan sendirian, bisa jadi mereka melompat karena frustasi dan gugup. Bisa juga anjing ingin menunjukkan bahwa mereka penguasa rumah (dominasi).

Dalam kasus ini, anjing yang antusias belum tentu karena merasa bahagia.

Antusias vs Bahagia

Anjing merasa antusias ketika masih ada sisa energi yang tidak dilampiaskan. Manusia juga melakukan hal yang sama – ingatlah saat Anda tidak bisa duduk tenang dan gelisah karena merasa antusias. Apa Anda melakukan itu karena sedang bahagia? Tidak. Anda juga bisa merasa tidak tenang karena sedang gugup.

Selama kita mengira anjing melompat dan berputar karena mereka sedang bahagia, kita sebenarnya membuat mereka merasa gelisah. Apa respon Anda ketika melihat mereka melakukan hal ini? Memberi kasih sayang. Sulit untuk tidak melakukannya. Anjing yang lucu,  kita menyayangi mereka, dan kita mengira apa yang dilakukannya adalah tanda sayangnya untuk kita – jadi sangat wajar untuk membalasnya dengan belaian, pelukan, atau pujian.

Memanjakan anjing sebagai hadiah

Bagi anjing, kasih sayang adalah hadiah. Ketika kita memberi mereka perhatian saat mereka sedang ketakutan atau menunjukkan perilaku negatif, kita hanya akan memperparah keadaan mereka. Mereka akan merasa, rasa takut adalah jalan untuk mendapatkan perhatian Anda.

Ketika Anda memberi perhatian ke anjing yang sedang antusias, Anda mengajarkan anjing bahwa merasa antusias selalu diperbolehkan. Sama halnya jika Anda memberi perhatian ke anjing yang sedang takut, Anda mengajarkan anjing untuk merasa takut.

Jadi kapan kita bisa memberi perhatian?

Kita ingin anjing bersikap tenang dan menurut, karena saat itulah mereka dapat mendengarkan perintah kita. Saat inilah mereka boleh dihadiahi dengan perhatian.

Bagian pentingnya adalah: satu-satunya cara untuk kita mendapatkan kepercayaan anjing adalah dengan memperkuat sikap tenang dan penurut mereka. Jika kita memberi hadiah ketika mereka sedang tidak stabil, mereka akan merasa kita adalah pemimpin yg tidak stabil juga, dan anjing tidak mau mengikuti energi yang tidak stabil. Ini adalah cara tercepat untuk membuat anjing tidak tenang dan bingung, dan kemudian berusaha menjadi pemimpin kawanan disetiap kesempatan yang ada.

Mengatur sikap antusias anjing

Bukan berarti anjing tidak boleh bersikap antusias, tapi ada tempat dan waktunya. Waktu dan tempat yang tepat adalah ketika kita bermain dan berolahraga bersama dengan mereka.

Ketika tenaganya sudah habis, anjing akan menjadi tenang dan patuh, kemudian Anda bisa memanjakan mereka. Ketahuilah bahwa anjing, seperti manusia, dapat menunjukkan mereka bahagia semudah kita tersenyum.

Tetap tenang, dan tersenyumlah.

BACA JUGA:

Perilaku Umum Pada Anjing


Referensi:

https://www.cesarsway.com/cesar-millan/cesars-blog/Jump-for-joy

Leave a Comment