Anjing yang Takut Anak Kecil

(via livewagbark.com)
(via livewagbark.com)

Kita sering melihat foto anak kecil bersama anjing. Televisi dan film banyak menayangkan cerita tentang anak kecil dan partner berkaki empatnya. Tapi nyatanya, ketakutan terhadap anak kecil bukan masalah yang jarang terjadi pada anjing.

Penyebab Anjing Takut Anak Kecil

Ada dua alasan kenapa anjing bisa merasakan takut ketika melihat anak kecil. Pertama adalah kurangnya sosialisasi. Anjing yang tidak pernah bertemu dengan anak kecil ketika mereka masih kecil, terkadang menjadi takut saat mereka melihat anak kecil. Ketika mereka melihat anak kecil untuk pertama kalinya, ukuran, bau, suara, dan gerakan anak kecil bisa terlihat mengancam bagi anjing.

Anjing juga bisa merasa takut terhadap anak kecil karena pengalaman buruk. Anak kecil cenderung menarik ekor, memegang erat bulu-bulu anjing, mencuri mainan dan bahkan menyentuh mata. Beberapa anjing tidak masalah saat diperlakukan demikian, tapi ada anjing yang sangat ketakutan setelah mengalami kejadian tertentu.

Bagaimana Mengatasi Rasa Takut Anjing terhadap Anak Kecil?

Karena hampir tidak mungkin anjing tidak bertemu dengan anak kecil seumur hidupnya, lebih baik bantu mereka untuk mengurangi rasa takutnya. Berikut ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan rasa takut anjing terhadap anak kecil.

Tindakan pencegahan. Jika Anda baru saja membawa pulang seekor anak anjing, mulailah bersosialisasi dengan anak kecil. Semua interaksi harus diawasi dan tetap dibuat positif dan ceria.

Seringkali seseorang memelihara anjing sebelum mereka memiliki anak, dan kaget saat mendapati anjingnya menggeram atau mengancam anak kecil. Ini akan sangat mengecewakan bagi pemilik dan anjingnya. Pengenalan awal adalah kunci menghindari masalah ini.

Sediakan tempat yang sepi untuk anjing. Jika anjing sedang merasa ketakutan, pastikan ia memiliki tempat yang aman dan tenang sehingga mereka tidak dapat diganggu saat ada anak kecil yang berkunjung. Jika anjing terbiasa dengan kandang, kandang adalah tempat persembunyian yang sempurna untuk mereka. Jangan biarkan anak kecil masuk ke area tempat anjing bersembunyi.

Jangan paksa anjing untuk berteman dengan anak kecil. Membuat anjing Anda duduk diam saat ada anak kecil yang mendekat adalah ide yang buruk. Jika anjing yang sedang ketakutan dipaksa melebihi kemampuannya, ia dapat tiba-tiba lepas kendali dan menjadi agresif. Jangan menaruh anjing Anda di posisi dimana mereka dipaksa untuk melindungi dirinya.

Kenalkan anjing ke anak kecil. Jalani proses ini perlahan, kenalkan anjing ke anak kecil untuk membuat anjing lebih terbiasa. Karena anjing yang ketakutan bisa tiba-tiba agresif, sangat penting untuk melakukan ini dengan hati-hati. Mulailah dengan melemparkan beberapa snack ketika mereka melihat anak kecil dari jauh. Tergantung seberapa takut anjing terhadap anak kecil, proses ini bisa memakan waktu beberapa minggu bahkan beberapa bulan.

Carilah pelatih anjing yang memiliki pengalaman menghadapi anjing yang penakut. Karena anjing yang takut terhadap anak kecil memiliki resiko menggigit, akan lebih baik jika ada profesional yang membantu.

Jangan pernah meninggalkan anjing bersama anak kecil tanpa diawasi. Ini berlaku untuk semua anjing yang sedang ketakutan, tapi lebih diutamakan yang takut terhadap anak kecil. Itu akan membuat anjing semakin takut, atau gigitan pada anak kecil.


Referensi:

http://dogs.about.com/od/dogbehaviorproblems/a/fear-of-children-in-dogs.htm

Leave a Comment