Anjing yang Takut Terhadap Benda Tertentu

(via consumerreports.org)
(via consumerreports.org)

Apakah anjing Anda takut saat melihat alat penyedot debu? Apakah dia lari dan bersembunyi di bawah kasur saat Anda memindahkan mebel? Apakah dia menggonggong dengan gelisah saat melihat pohon natal di bulan Desember? Jika ya, ada kemungkinan anjing Anda memiliki ketakutan terhadap benda tertentu.

Penyebab Rasa Takut Terhadap Benda Tertentu

Anjing dapat memiliki fobia atau ketakutan terhadap objek tertentu karena banyak alasan. Seringkali, alasannya hanya karena anjing tidak merasa familiar dengan objek tersebut. Pohon natal adalah contoh yang bagus. Anjing tidak mengerti alasan Anda mendekorasi saat natal tiba. Yang mereka lihat adalah pohon yang besar penuh dengan lampu-lampu dan hiasan berkilauan di tempat yang sebelumnya tidak ada apa-apa.

Anjing bisa merasa takut karena suara yang tidak biasa. Contohnya boneka yang bisa mengeluarkan lagu. Suara boneka yang tidak familiar dan tidak dapat diprediksi dapat membuat mereka ketakutan. Selain itu suara penyedot debu dan hair dryer juga banyak ditakuti anjing.

Pengalaman buruk dengan objek tertentu dapat membuat mereka takut. Misalnya saat Anda tidak sengaja menyentuh kaki anjing dengan mesin penyedot debu, rasa sakit yang mereka rasakan dapat menimbulkan ketakutan terhadap mesin penyedot debu.

Menangani Rasa Takut Terhadap Benda Tertentu

Untungnya, ketakutan terhadap benda tertentu biasanya lumayan gampang untuk ditangani. Ada beberapa hal yang dapat meringankan:

Taruhlah benda itu jauh dari anjing. Beberapa benda mudah untuk disembunyikan. Jika benda yang mereka takuti mudah untuk disimpan, simpanlah benda tersebut di lemari sehingga anjing tidak akan melihatnya lagi.

Bujuklah mereka dengan snack. Ketakutan yang ringan dapat dihilangkan hanya dengan memberi anjing snack sebagai hadiah ketika mereka mendekati benda yang ditakutinya. Usahakan untuk tidak menghiraukan mereka ketika mereka semakin dekat dengan benda tersebut. Lempar beberapa butir snack setiap kali mereka mendekat. Jika cara ini tidak berhasil, Anda bisa mencoba meninggalkan snack kesukaannya di lantai yang menuju ke benda itu. Biarkan mereka mengambil snack dengan sendirinya, dan seperti biasa, berusahalah untuk tidak menghiraukan saat mereka menginvestigasi area sekitar benda. Anda dapat menaruh snack di dekat benda tersebut setiap hari, dan anjing akan melihat bahwa mereka akan mendapatkan snack setiap kali mereka berjalan mendekati benda tersebut.

Perlahan perkenalkan anjing dengan benda yang ditakutinya. Untuk beberapa benda, Anda mungkin butuh menunggu anjing mulai terbiasa. Misalnya seperti penyedot debu, Anda bisa mencoba meninggalkan mesin penyedot debu di tengah ruangan tanpa menyalakannya. Coba letakkan beberapa snack di sekitar mesin tersebut. Mungkin membutuhkan beberapa hari sampai anjing mulai terbiasa dan nyaman berada dekat dengan benda itu.

Setelah anjing bisa berjalan santai di dekat mesin tanpa merasa takut, Anda bisa mencoba menyalakan mesinnya selama beberapa detik sambil terus memberi anjing Anda snack. Perlahan tambahkan waktunya sampai anjing terbiasa berdekatan dengan mesin yang menyala tanpa merasa takut.

Langkah terakhir adalah mulai menggerakkan mesin penyedot debu. Biarkan mesin mati selama digerakkan. Gerakkan mesin di dalam ruangan, dan lemparkan snack untuk anjing. Perlahan nyalakan mesin sambil digerakkan. Lama kelamaan Anda akan bisa membersihkan rumah tanpa membuat anjing ketakutan.


Referensi:

http://dogs.about.com/od/dogbehaviorproblems/a/dogs-and-fear-of-objects.htm

Leave a Comment