Anjing yang Takut Terhadap Orang Asing

(via quiet-corner.com)
(via quiet-corner.com)

Banyak anjing yang merasa takut terhadap orang asing akan gemetar dan sembunyi dari orang yang baru mereka temui.

Penyebab takut akan orang asing

Ada dua alasan mengapa anjing takut dengan orang asing. Pertama genetik. Anjing yang pemalu cenderung melahirkan anak yang mudah ketakutan.

Kurangnya sosialisasi ketika mereka masih kecil juga menjadi alasan anjing takut dengan orang asing. Anjing yang tidak berkesempatan bertemu dengan berbagai orang saat mereka masih kecil akan cenderung merasa takut bertemu dengan orang asing.

Tips menghadapi anjing yang penakut

Anjing yang takut terhadap orang asing harus ditangani dengan hati-hati. Setiap anjing bereaksi berbeda ketika mereka sedang takut. Ada yang bersembunyi, ada yang menggeram atau bahkan menggigit. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meringankan ketakutan anjing:

Jangan paksa anjing untuk mendekati orang asing.

Memaksa anjing hanya akan membuat ketakutannya semakin parah. Jika anjing dipaksa dan tidak diperbolehkan untuk lari, ia mungkin bisa menggigit untuk kabur.

Buat tamu tidak menghiraukan anjing saat mereka memberi snack.

Kapanpun seseorang berkunjung, mintalah mereka untuk tidak menghiraukan anjing. Lebih baik tamu tidak mengelus atau membuat kontak mata dengan mereka. Saat seseorang berkunjung, berikan mereka snack untuk dilemparkan ke anjing. Tergantung dari tingkat ketakutan anjing Anda, beberapa anjing bisa mulai relaks dan mengijinkan tamu untuk mengelus tapi ada juga yang membutuhkan beberapa saat untuk mulai terbiasa.

Sediakan tempat yang aman untuk anjing sendirian.

Jika anjing merasa tidak nyaman dengan tamu yang tidak dikenal, biarkan mereka kabur. Akan sangat membantu jika Anda memiliki satu tempat dimana mereka tahu mereka tidak akan diganggu. Kandang adalah tempat yang bagus untuk mereka berlindung saat sedang gelisah. Pastikan semua orang tahu mereka tidak akan diganggu ketika mereka sedang berada di dalam kandang.

Latihan kepatuhan itu penting.

Ketika anjing takut, mereka akan sulit fokus ke hal lain kecuali objek yg mereka takuti. Semakin sering Anda melatih anjing untuk patuh, semakin mereka akan mendengarkan Anda meskipun sedang merasa gelisah atau stress. Mereka tahu Anda disana untuk membimbing dan mereka akan merasa lebih tenang.

Perhatikan bahasa tubuh Anda.

Seringkali, owner sendiri merasa was-was saat anjing bertemu dengan orang asing. Secara tidak sadar tubuh Anda menegang atau menarik tali kekang. Anjing sangat pintar dalam membaca bahasa tubuh. Jadi bahasa tubuh Anda bisa diartikan sesuatu yang mengerikan akan terjadi. Hati-hatilah dalam bersikap dan cobalah untuk tetap ramah, santai, dan bersemangat ketika Anda dan anjing bertemu orang baru.

Konsultasi dengan pelatih anjing.

Dalam beberapa kasus, rasa takut yang besar terhadap orang asing dapat membuat anjing bersikap agresif, seperti menggeram, mengancam, dan menggigit. Konsultasikan dengan pelatih anjing untuk mengetahui cara terbaik dalam mengatasi perilaku ini.

Tindakan pencegahan.

Anjing yang sedang ketakutan bisa menggigit jika mereka merasa terancam. Tugas Anda adalah memastikan semua orang dalam jarak aman. Anda bisa membawa anjing ke ruangan lain saat ada yang bertamu atau menggunakan berangus sementara saat sedang berjalan-jalan.


Referensi:

http://dogs.about.com/od/dogbehaviorproblems/a/dogs-and-fear-of-strangers.htm

 

Leave a Comment