Anjing yang Takut Pria Dewasa

(via dogs.about.com)
(via dogs.about.com)

Molly adalah seekor German Shepherd. Jika Anda adalah seorang perempuan atau anak kecil, Anda tidak akan menyangka Molly memiliki masalah perilaku. Molly terlihat sangat tenang dan suka berbaring di dekat Anda sambil menggigiti tulang.

Namun jika ada seorang pria dewasa memasuki ruangan, Molly menjadi anjing yang berbeda. Ia akan berdiri dengan tegang, telinga turun, dan ekor diselipkan di antara kakinya. Dia akan berjalan dengan was-was mengitari ruangan. Menjaga jarak antara dirinya dengan pria tersebut dan ketika ia lengah, Molly langsung menyerang dan menggigitnya. Ketakutannya akan pria dewasa membuat seekor anjing manis menjadi anjing yang agresif.

Kasus Molly adalah kasus yang sudah parah, hal itu dapat terjadi jika ketakutan anjing terhadap pria dewasa tidak segera ditangani.

Penyebab Anjing Takut Pria Dewasa

Seringkali alasan yang menyebabkan anjing takut dengan pria dewasa adalah karena pengalaman buruk.

Biasanya rasa takut timbul karena kurangnya sosialisasi saat anjing masih kecil. Bahkan anjing yang hidup dengan pria dewasa dapat merasakan ketakutan terhadap pria dewasa lain yang tidak mereka kenali. Pria dewasa biasanya lebih tinggi dari wanita maupun anak-anak, memiliki suara yang berat, dan beberapa memiliki rambut yang tumbuh di wajah. Jika Anda melihatnya dengan perspektif anjing, mungkin Anda akan sadar bahwa kurangnya sosialisasi dengan pria dewasa saat anjing masih kecil dapat membuat anjing merasakan takut yang berkepanjangan.

Mengatasi Rasa Takut Terhadap Pria Dewasa

Anjing dengan tingkat ketakutan rendah biasanya gampang untuk dipulihkan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan ketakutan anjing:

Jangan paksa anjing melebihi batas zona nyaman. Jika ada pria dewasa di rumah Anda atau ada yang sering berkunjung, jangan memaksa anjing untuk menerima kehadiran mereka. Anjing bisa semakin ketakutan dan menjadi agresif. Anjing yang agresif bisa menggigit.

Biarkan anjing mendekati mereka dengan sendirinya. Mungkin sulit bagi pecinta anjing yang tinggal serumah dengan Anda, tapi hal terbaik yang dapat mereka lakukan adalah tidak menghiraukan anjing yang sedang ketakutan. Mencoba untuk berteman dengan anjing dapat membuat mereka semakin ketakutan. Biarkan anjing yang memilih bagaimana mereka mau mendekati orang yang ditakutinya.

Gunakan snack favoritnya untuk memberi semangat. Orang yang ditakuti si anjing juga boleh mencoba melemparkan snack ketika anjing mendekat. Anda dapat melatih anjing berpikir bahwa snack atau sesuatu yang baik ada setiap mereka mendekati orang tersebut. Dengan sedikit waktu dan kesabaran, anjing akan semakin siap untuk menerima kehadiran orang tersebut.

Menangani Kasus Ketakutan yang Parah

Kasus seperti kasus Molly dimana ketakutannya terhadap pria dewasa sangat parah, akan membutuhkan lebih dari waktu dan snack untuk menaklukkan si anjing. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

Biarkan orang yang ditakutinya memberi snack dan pujian. Seiring berjalannya waktu, anjing akan lebih bisa menerima orang tersebut di dalam ruangan tanpa menunjukkan sikap agresif.

Panggil pelatih anjing. Bantuan dari pelatih anjing yang sudah berpengalaman akan sangat berguna.

Latihan kepatuhan. Semakin terlatih, mereka akan semakin menuruti Anda meskipun dalam situasi yang menekan.  Jadikan latihan kepatuhan sebagai suatu rutinitas untuk anjing Anda.

Jaga jarak aman di sekitar pria dewasa. Ketika anjing yang takut dapat mengusir orang dengan menggigit, mereka akan melakukan hal yang sama lagi. Lebih baik mencegah terjadinya gigitan. Pindahkan anjing ke ruangan lain atau ke kandangnya ketika ada seseorang yang berkunjung. Jika Anda akan bertemu dengan seseorang di luar rumah, gunakan berangus.


Referensi:

http://dogs.about.com/od/dogbehaviorproblems/a/dogs-and-fear-of-men.htm

Leave a Comment