Anjing yang Takut Naik dan Turun Tangga

(via puppytoob.com)
(via puppytoob.com)

Beberapa anjing takut menaiki dan menuruni anak tangga. Ini juga termasuk fobia yang umum terjadi pada anjing. Terutama pada anjing yang masih muda, yang belum pernah melihat tangga sebelumnya sejak mereka lahir.

Sebelum Anda mencari tahu mengapa anjing takut saat melihat tangga, konsultasikan dengan dokter hewan. Bisa jadi mereka merasa takut karena ada masalah secara fisik. Mereka mungkin tidak mau naik atau turun tangga karena itu dapat membuat mereka merasa tidak nyaman (dalam kasus seperti Arthritis atau cedera). Pastikan dokter hewan mengecek keadaan fisik mereka sebelum Anda melakukan latihan apapun.

Penyebab Anjing Takut Naik dan Turun Tangga

Mayoritas anjing yang takut saat melihat tangga, merasa takut karena kurangnya pengetahuan. Jika Anda tinggal di rumah yang tidak memiliki tangga, sangat mungkin anjing tidak akan melihat tangga hingga mereka dewasa.

Dalam beberapa kasus, anjing ketakutan saat melihat tangga karena kejadian traumatis. Anjing yang jatuh dari tangga akan merasakan takut saat melihat tangga.

Mengatasi Rasa Takut Menaiki dan Menuruni Tangga

Seringkali, ketakutan anjing terhadap tangga lumayan mudah untuk dihilangkan. Tips berikut dapat membantu Anda menanganinya:

Rapikan tangga. Pastikan tidak ada barang yang dapat membuat mereka tersandung. Hal yang mengejutkan hanya akan membuat mereka semakin takut.

Alihkan perhatian mereka. Daripada membuat masalah besar mencoba untuk memaksa mereka menaiki dan menuruni seluruh tangga, Anda bisa mencoba membujuk mereka untuk naik turun dengan mengalihkan perhatian mereka. Bicaralah dengan nada riang dan berilah mereka perhatian dan gunakan snack favorite mereka untuk memancing. Naiklah beberapa anak tangga, kemudian turun lagi. Untuk fobia yang ringan, Anda dapat membuat mereka mengikuti Anda naik dan turun beberapa anak tangga tanpa mereka sadari. Jika Anda berhasil membuat anjing menaiki anak tangga, pastikan untuk memberi mereka banyak pujian dan beberapa snack. Perlahan ajaklah mereka naik semakin tinggi.

Langkah per langkah. Keseluruhan tangga mungkin terlihat sangat banyak untuk mereka. Tapi mereka bisa menaiki beberapa. Untuk fobia ringan, Anda bisa mengangkat mereka dan menaruh mereka di anak tangga pertama. Gunakan snack untuk mengalihkan perhatian mereka, dan pancinglah mereka untuk menuruni anak tangga. Begitu mereka terbiasa dengan satu anak tangga, pindahkan mereka ke anak tangga kedua, dan pancing mereka turun. Dengan cara ini, Anda bisa membuat mereka merasa nyaman dan familiar menggunakan tangga.

Balikkan cara tadi untuk menaiki tangga. Anda bisa melakukan cara yang sama untuk mengajari mereka menaiki tangga. Mulailah dengan memberi mereka snack ketika mereka berada di bawah. Kemudian, lempar beberapa snack di anak tangga pertama. Begitu mereka mulai nyaman dan berani mengambil snack, lempar beberapa lagi di anak tangga berikutnya. Selangkah demi selangkah, buatlah mereka menaiki tangga untuk mendapatkan snack.


Referensi:

http://dogs.about.com/od/dogbehaviorproblems/a/dogs-and-fear-of-stairs.htm

 

Leave a Comment