Anjing yang Takut Naik Mobil

(via dogs.about.com)
(via dogs.about.com)

Banyak owner anjing yang tidak sabar mengajak anjingnya naik mobil. Tetapi kemudian mereka kecewa begitu mendapati anjing yang ketakutan saat mereka naik mobil. Ketakutan naik mobil adalah fobia yang sering terjadi pada anjing, dan untungnya sudah banyak orang yang bisa membuat anjingnya tidak takut lagi.

Penyebab Rasa Takut Naik Mobil

Ada beberapa alasan anjing takut naik mobil, termasuk:

Mabuk perjalanan. Sama seperti manusia, anjing juga dapat merasa mual dan muntah saat perjalanan. Perasaan tidak nyaman ini dapat membuat mereka takut naik mobil.

Pengalaman buruk. Seringkali, anjing naik mobil untuk dibawa ke dokter hewan. Jika anjing Anda takut ke dokter hewan, bisa jadi mereka juga takut naik mobil.

Jika Anda mengadopsi anjing dari penampungan, bisa jadi itulah kali pertama mereka naik mobil. Perjalanan jauh pertama mereka sebelum sampai ke rumah baru. Pengalaman mengerikan ini dapat membuat mereka takut naik mobil untuk kedua kalinya.

Yang lebih traumatis, jika anjing pernah terlibat dalam kecelakaan mobil atau pernah tertabrak mobil. Mereka dapat merasa takut saat menaiki mobil.

Mengatasi Mabuk Perjalanan Pada Anjing

Mabuk perjalanan cenderung mudah diobati dan obatnya juga mudah didapatkan. Konsultasikan dengan dokter hewan untuk obat dan dosis yang tepat.

Mengatasi Rasa Takut Naik Mobil

Jika rasa takut anjing lebih dari sekedar mabuk perjalanan, Anda akan membutuhkan lebih banyak usaha dan waktu untuk menghilangkan rasa takut mereka. Langkah berikut dapat membantu Anda mengatasi rasa takut naik mobil:

Daripada memaksa mereka untuk masuk ke dalam mobil, pancinglah mereka. Gunakan snack favorit dan pujilah mereka saat berhasil memasuki mobil. Untuk kasus fobia ringan, tidak membutuhkan waktu lama untuk mereka mulai terbiasa. Namun untuk fobia yang berat, mungkin Anda akan membutuhkan waktu lebih lama. Anda bisa membuka semua pintu mobil agar mereka tidak merasa terjebak di dalam. Lebih baik lagi jika latihan ini dilakukan bersama dua orang. Satu orang menuntun anjing mendekati mobil, dan yang lainnya duduk di dalam mobil sambil memancing anjing menggunakan snack dan memotivasi dengan suara riang.

Jangan segera menutup pintu dan menyalakan mesin ketika anjing sudah berhasil masuk. Bersantailah bersama mereka dan perlahan duduklah dengan tenang ketika menutup pintu. Saat anjing mulai merasa nyaman, nyalakan mesin. Berikan snack kesukaan mereka dan bicaralah dengan nada riang, dan matikan mesin. Ulangi ini beberapa kali sampai anjing benar-benar tidak terlihat gelisah saat mendengar mesin mobil menyala.

Cobalah perjalanan singkat. Jangan langsung mengajak mereka dalam perjalanan jauh. Perlahan tapi pasti, Anda dapat meningkatkan jarak tempuh.

Bawalah anjing ke tempat yang menyenangkan. Perjalanan pertama mereka lebih baik bukan ke dokter hewan. Bawalah mereka ke taman, pantai, atau sekedar drive-thru. Lama kelamaan, anjing akan mengartikan naik mobil berarti melakukan hal yang menyenangkan.


Referensi:

http://dogs.about.com/od/dogbehaviorproblems/a/dogs-fear-of-riding-in-cars.htm

http://anjingdijual.com/thread/113/tips-mengajak-anjing-yang-takut-naik-mobil

Leave a Comment