Anjing yang Takut Dokter Hewan

(via ohl.co)
(via ohl.co)

Rasa takut terhadap dokter hewan sudah banyak dijumpai pada anjing. Bahkan anjing yang ceria dan pemberani sekalipun, bisa gemetar saat dibawa ke dokter hewan.

Penyebab Ketakutan

Alasan yang umum adalah karena mereka trauma. Begitu Anda dan anjing masuk ke ruangan dokter hewan, anjing disergap oleh bau dan suara yang asing. Belum lagi jika ada binatang lain, anjing akan mencium bau mereka dan merasa tidak tenang.

Saat diperiksa, anjing akan ditahan dan dokter akan mulai menggunakan peralatan, termasuk jarum suntik jika dibutuhkan vaksinasi atau pengambilan darah. Anjing akan merasa bingung dan takut atas cara penanganan ini.

Jika anjing sedang sakit saat mengunjungi dokter, rasa takutnya akan semakin parah dengan kondisinya yang sudah tidak membuatnya nyaman. Jadi tidak heran jika banyak anjing takut mengunjungi dokter hewan.

Kabar baiknya, rasa takut ini cukup mudah untuk dihilangkan dengan sedikit usaha dan waktu. Meskipun rasa takutnya tidak akan hilang seluruhnya, paling tidak cara ini akan mengurangi kegelisahannya. Langkah berikut ini akan membuat kunjungan Anda dan anjing ke dokter hewan lebih mudah:

Kunjungilah dokter hewan meskipun tidak sakit. Biasanya anjing hanya mengunjungi dokter dalam keadaan tidak sehat. Kali ini buatlah janji dan berilah penerima tamu snack favorit anjing untuk diberikan dan biarkan mereka mengelus anjing Anda.

Jangan memaksa. Daripada menyeret atau menggendong, beri waktu untuk mereka berjalan sendiri ketika sudah merasa nyaman. Berilah banyak snack dan pujian ketika mereka sudah mendekati pintu dokter.

Praktekkan di rumah. Anjing bisa jadi tidak terbiasa saat mereka diperiksa oleh dokter. Praktekkan di rumah apa yang biasa dilakukan dokter. Periksa telinga, mulut, dan kaki mereka. Lakukan dengan lembut, dan pastikan untuk memuji mereka dan memberi mereka snack favorit saat latihan.

Untuk beberapa kasus yang parah, langkah di atas mungkin tidak dapat membantu meringankan rasa takut anjing. Namun ada alternatif lain yang dapat Anda lakukan.

Cari dokter yang bisa datang ke rumah. Pasti ada dokter di area Anda yang melayani panggilan rumah. Anjing akan merasa lebih tenang dan nyaman di rumah sendiri ketika sedang diperiksa.

Berangus. Jika tidak memungkinkan untuk diperiksa di rumah, gunakan berangus. Anjing yang sangat ketakutan dapat menjadi agresif, gunakan berangus selama Anda mengunjungi dokter hewan untuk menghindari gigitan anjing. Buatlah mereka terbiasa dengan berangus terlebih dahulu sebelum Anda membuat janji dengan dokter hewan. Berikan pujian saat mereka bisa tenang menggunakan berangus.

Jika Anda tidak membuat mereka terbiasa, mereka akan mengartikan berangus berarti kunjungan ke dokter hewan, dan ini dapat membuat mereka gelisah. Jadi pastikan mereka terbiasa terlebih dahulu.

Tetaplah Tenang dan Rileks

Anjing dapat merasakan apa yang Anda rasakan. Usahakan untuk tetap tenang dan ceria saat mengunjungi dokter hewan, tanpa memperhatikan kegelisahan yang anjing rasakan. Menenangkan mereka justru akan lebih membuat mereka takut. Tetaplah positif dan bertindaklah seakan semuanya baik-baik saja. Anjing akan memperhatikan Anda dan mengerti.


Referensi:

http://dogs.about.com/od/dogbehaviorproblems/a/dogs-and-fear-of-veterinarian.htm

http://dogs.about.com/od/veterinarycare/tp/How-to-Get-Your-Dog-to-Love-the-Vet.htm

Leave a Comment