Anjing yang Takut Ditinggalkan

(via pawsforthefuture.com)
(via pawsforthefuture.com)

Separation Anxiety atau rasa takut ditinggalkan adalah suatu kelainan yang membuat anjing merasa panik saat ditinggalkan sendirian di rumah. Rasa paniknya sangat besar sampai ketika Anda pergi, anjing cenderung merusak apapun yang ada di rumah, menggonggong terus-menerus, dan memporak porandakan rumah. Ketika Anda kembali, mereka menyapa Anda dengan sangat bersemangat. Kondisi ini sangat menegangkan baik untuk anjing maupun ownernya, apalagi jika mereka mulai tidak patuh atas perintah owner.

Kabar baiknya, ada cara untuk mengurangi ketakutan yang anjing rasakan. Berikut adalah prosesnya:

Rasa Bosan vs Rasa Takut

Banyak orang mengira rasa takut ditinggalkan sebagai kebosanan. Keduanya memiliki reaksi yang sama seperti mengoyak barang dan tidak berhenti menggonggong. Perbedaannya adalah, kebosanan dapat diatasi dengan menambah aktifitas dan stimulasi mental. Tapi tidak bisa digunakan untuk meringankan rasa takut ditinggalkan.

Coba tambahkan aktifitas seperti jalan-jalan, bermain lempar tangkap, latihan kepatuhan, dan tambahkan variasi mainan. Jika alasan anjing merusak dan menggonggong adalah karena bosan, perubahannya akan terlihat. Jika mereka tetap merusak dan menggonggong, kembalilah mengikuti proses untuk menghilangkan rasa takut ditinggalkan.

Ubah Kebiasaan Anda

Kebanyakan dari kita memiliki rutinitas yang kita jalani sebelum kita meninggalkan rumah. Mandi, pakai baju, pakai jaket, mengambil kunci, jalan keluar. Ketika anjing memperhatikan rutinitas Anda, kegelisahan mereka dimulai saat Anda mulai melakukan rutinitas. Ini berarti mereka mulai gelisah bukan saat Anda keluar dari pintu, tetapi kegelisahan dimulai ketika alaram Anda berbunyi. Ketika Anda keluar dari pintu, mereka sudah dalam tahap panik.

Untuk menghindari kegelisahan yang menjadi-jadi, ubahlah kebiasaan Anda. Perhatikan apa yang Anda lakukan sebelum meninggalkan rumah, dan lakukan itu secara acak saat Anda di rumah. Contohnya, Anda bisa mengambil kunci dan kemudian duduk untuk menonton televisi, atau memakai jaket kemudian memberi makan anjing. Dalam beberapa minggu, anjing seharusnya tidak melihat ini sebagai tanda Anda akan keluar rumah dan kegelisahan mereka akan berkurang.

Pergi dan Pulanglah dengan Tenang

Kita yang tidak ingin meninggalkan anjing dan mereka juga tidak suka melihat kita pergi. Seringkali ini membuat kita memanjakan dan memberi mereka perhatian sebelum kita meninggalkan rumah atau saat kita baru saja sampai di rumah. Sayangnya ini membuat anjing merasa gelisah. Untuk menghindari hal ini, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah tidak menghiraukan anjing sebelum Anda pergi dan beberapa menit setelah Anda kembali, Anda ingin membuat anjing mengerti bawa pergi dan pulang bukanlah masalah besar.

Latihan Meninggalkan Untuk Saat yang Lama

Langkah ini bisa menghabiskan banyak waktu dan membutuhkan komitmen. Saat proses dimulai, sangat penting untuk tidak meninggalkan anjing dalam jangka waktu yang lama sampai rasa takut mereka benar-benar hilang. Cara ini bisa memakan beberapa minggu, jadi jika Anda merencanakan liburan, panggilah pengasuh anjing, atau masukkan ke penitipan anjing sampai Anda menyelesaikan langkah ini.

Begitu Anda memiliki rencana untuk memastikan anjing tidak pernah sendiri, Anda bisa mulai membuat anjing terbiasa atas ketidak hadiran Anda. Rencanakan 30 menit untuk setiap sesi latihan. Untuk memulai, keluarlah dari pintu dan kembalilah ke dalam. Anda tidak boleh keluar terlalu lama sampai anjing merasa takut, jadi dalam beberapa kasus parah, Anda hanya keluar beberapa detik. Ketika Anda kembali masuk, tetaplah tenang, dan berikan anjing beberapa saat untuk bersantai. Begitu anjing terlihat santai, keluarlah lagi dan ulangi cara ini sampai anjing tidak menunjukkan tanda-tanda ketakutan seperti terengah-engah, mondar-mandir, mengeluarkan air liur, dll.

Berikutnya, perlahan tingkatkan waktu Anda keluar. Ingat, untuk kasus yang parah, ini bisa berarti hanya keluar 2 detik, kemudian 3 detik, dan seterusnya. Begitu Anda mulai menambahkan waktu, Anda bisa mencoba variasi jangka waktu. Misalnya, jika Anda keluar selama 5 menit, keluarlah selama 5 menit kemudian 3 menit. Cobalah variasi, tapi untuk tahap awal, jangan lebih dari 5 menit sampai anjing tidak menunjukkan tanda-tanda ketakutan.

Begitu Anda sudah dapat meninggalkan anjing selama 45 menit, Anda bisa mencoba meninggalkan anjing selama 1 jam, kemudian 2, dan kemudian selama anda bekerja.

Jika Anda bisa memberikan waktu beberapa jam setiap hari untuk latihan, ketakutan anjing Anda seharusnya bisa berkurang dalam beberapa minggu. Jika Anda sudah mengikuti semua langkah-langkah di atas, dan anjing masih terlihat ketakutan, Anda mungkin membutuhkan bantuan dari profesional. Dokter hewan dapat membantu Anda untuk memberikan pengobatan yang tepat.


Referensi:

http://dogs.about.com/od/dogbehaviorproblems/a/sep_anxiety.htm

Leave a Comment