Anjing yang Takut Kembang Api

(via yourdog.co.uk)
(via yourdog.co.uk)

Ketakutan karena kembang api juga termasuk rasa takut yang sering ditemui pada anjing. Mereka sering ketakutan karena suara keras yang tidak dapat diprediksi ditambah sinar yang menyilaukan. Bahkan anjing yang pemberani kadang bisa gemetar karena suara yang tidak familiar. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan rasa takut anjing selama perayaan kembang api.

Buatlah anjing terbiasa dengan suara kembang api

Sebelum perayaan yang melibatkan kembang api seperti kemerdekaan atau tahun baru, buatlah anjing terbiasa dengan cara berikut:

  • Tunjukkan video atau rekaman kembang api
  • Mainkan video dengan suara pelan beberapa kali sehari
  • Mainkan video kembang api saat mereka melakukan kegiatan favorit seperti makan, tidur, atau bermain
  • Perlahan tingkatkan volume dan lakukan ini selama beberapa hari

Jika anjing merasa tidak nyaman dan menunjukkan tanda-tanda ketakutan, turunkan volume sampai mereka mulai tenang. Ulangi cara ini beberapa kali sehari sampai anjing terbiasa dan dapat mendengarkan rekaman suara kembang api yang keras tanpa merasa takut.

Meringankan ketakutan anjing

Jika Anda tidak ada waktu untuk membuat mereka terbiasa dengan video, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meringankan ketakutan mereka. Cara ini dapat membantu anjing dengan tingkat ketakutan ringan sampai sedang.

Jangan mengubah sikap. Banyak orang yang memanjakan anjing ketika mereka terlihat ketakutan. Seperti mengelus mereka lebih dari biasanya, memeluk mereka, dan berbicara dengan suara lembut. Cara ini akan semakin membuat mereka ketakutan.

Usahakan untuk tidak bereaksi terhadap kembang api. Jika Anda melompat atau tegang ketika Anda mendengar kembang api karena Anda mengantisipasi anjing yang ketakutan, mereka akan merasakannya dan itu akan memperburuk rasa takutnya. Bahasa tubuh Anda mengatakan ada alasan untuk merasa takut.

Hilangkan suara kembang api. Cobalah untuk menyalakan radio atau televisi dan tutuplah jendela selama kembang api berlangsung. Jika cuaca memungkinkan, nyalakan kipas angin atau AC juga dapat membantu.

Jangan memaksa anjing keluar dari zona nyaman. Biarkan mereka sembunyi jika mereka lebih nyaman berada di dalam kandang atau di bawah kasur. Jangan menyeret mereka keluar atau memaksa mereka melihat kembang api untuk membuat mereka terbiasa dengan suaranya. Ini hanya akan membuat mereka semakin takut dan anjing yang merasa takut dapat menjadi agresif jika semakin dipaksa keluar dari zona nyamannya.

Mengatasi ketakutan yang parah

Dalam kasus yang parah, tidak ada yang bisa membuat mereka tidak takut. Konsultasikan dengan dokter hewan dan biasanya dokter bisa memberi obat penenang untuk membuat anjing tenang selama kembang api berlangsung.

Pengobatan mungkin satu-satunya cara untuk melalui malam pesta kembang api. Setelahnya, Anda bisa mencoba untuk bertanya kepada pelatih anjing yang sudah profesional. Untuk kasus yang parah, Anda mungkin tidak bisa menghilangkan rasa takut itu seluruhnya, tapi Anda bisa meringankan rasa takutnya.

Tinggalkan anjing di rumah

Jika anjing sangat takut melihat kembang api, solusi terbaik adalah dengan meninggalkan mereka di rumah, di kandang atau ruangan tempat mereka berlindung, dengan suara yang dapat mengurangi suara kembang api. Anjing yang ketakutan dapat berusaha untuk kabur dan mencari tempat berlindung jika dipaksa untuk pergi melihat kembang api. Banyak shelter anjing yang melaporkan kehilangan anjing saat pesta kembang api berlangsung.


Referensi:

http://www.petnyaku.com/facts/kasus-anjing-kabur-akibat-kembang-api-atau-petasan-dan-cara-sederhana-mengatasinya/

http://dogs.about.com/od/dogbehaviorproblems/a/fireworks-phobias-in-dogs.htm

 

Leave a Comment