Mengatasi Anjing Penakut

(via dailymotion.com)
(via dailymotion.com)

Ketika kita melihat anak kecil yang sedang ketakutan, naluri kita adalah untuk menenangkan mereka dan memberi rasa aman, mengatakan bahwa semua akan baik-baik saja, dan berusaha untuk membuat mereka tidak takut lagi.

Tetapi ini bukan cara yang tepat untuk menenangkan anjing.

Anjing memperhatikan reaksi manusia atas apapun yang dilakukannya. Jika Anda ingin melatih mereka untuk berjabat tangan, Anda harus memberi hadiah ketika mereka berhasil melakukannya, sehingga mereka akan berpikir “Jika aku melakukan ini, aku akan dapat hadiah.”

Bagi anjing, kasih sayang dari owner adalah hadiah. Dengan memanjakan anjing yang sedang ketakutan, Anda sedang memberi mereka hadiah atas ketakutan mereka. Anda tidak dapat menjelaskan kepada mereka bahwa tidak ada alasan untuk merasa takut, mereka tidak memiliki kemampuan untuk mengerti konsep itu. Yang mereka pikirkan hanya, “Aku takut dan manusia memanjakanku karena aku takut. Mereka ingin aku melakukan ini.”

Seringkali anjing yang pemalu, menjadi anjing yang penakut karena owner secara tidak sengaja memanjakan mereka ketika mereka sedang melakukan sesuatu yang negatif. Anjing tidak membutuhkan rasa sayang ketika mereka takut, mereka butuh kepemimpinan.

Anjing melakukan apa yang disebut dengan perilaku allelomimetic. Artinya mereka belajar dengan meniru. Normalnya, mereka belajar dari sesama anjing, namun karena ada hubungan spesial antara anjing dan manusia, mereka juga belajar dengan meniru manusia.

Inilah mengapa, tetap tenang dan tegas ketika anjing sedang ketakutan adalah kunci untuk membantu mereka mengalahkan rasa takut itu – ketika mereka melihat Anda tidak takut dengan suara yang keras atau kendaraan yang berlalu-lalang, itu akan membuat mereka percaya diri. Mereka akan berpikir “Jika pemimpin kawanan saja tidak menghiraukan hal yang menakutkan itu, mungkin hal itu sebenarnya tidak menakutkan.”

Ingat, anjing memiliki empat respon natural terhadap lingkungannya: berkelahi, kabur, menghindar, atau menyerah. Anjing yang ketakutan cenderung untuk kabur atau menghindar.

Ketenangan dan ketegasan akan membuat anjing menyerah, dan ini adalah cara yang benar dalam mendekati anjing penakut – dengan energi dan sikap yang positif. Bukan dengan kata-kata, tapi dengan menunjukkan “Aku yang berkuasa disini, semua akan baik-baik saja.”

Jangan merasa takut saat mendekati anjing yang sedang ketakutan. Mereka meniru pemimpin kawanannya dan pemimpin yang takut hanya akan memperparah keadaan. Anjing bisa semakin diam, atau semakin agresif terhadap siapapun yang mendekatinya. Pelajari Cara Mendekati Anjing yang Penakut.

Ketika ownernya sendiri merasa takut, posisi seorang pemimpin menjadi kosong, dan reaksi natural anjing adalah mengambil peran itu. Bagi anjing, harus ada pemimpin dalam satu kawanan.

Anjing yang ketakutan tidak butuh dimanjakan dan pastinya tidak menginginkan manusia malah takut mendekatinya. Anjing yang ketakutan hanya butuh pemimpin yang tetap tenang dan tegas. Kita tidak bisa menenangkan anjing dengan kata-kata, tapi dengan perbuatan dan energi positif yang dipancarkan.

Tetap tenang, dan jangan takut.

BACA JUGA:

Mendekati Anjing yang Penakut

Penyebab Anjing Menjadi Penakut

10 Ketakutan Umum Pada Anjing


Referensi:

https://www.cesarsway.com/cesar-millan/cesars-blog/what-to-do-about-a-fearful-dog

https://www.cesarsway.com/dog-behavior/anxiety/persistent-anxiety-and-fear

Leave a Comment