Mendekati Anjing yang Penakut

(via blog.barfworld.com)
(via blog.barfworld.com)

Tidak sulit melihat anjing yang sedang ketakutan. Bacalah bahasa tubuhnya – gemetar, meringkuk, memalingkan pandangan, ekor diselipkan di antara kaki. Tapi tahukah Anda bahwa bahasa tubuh dan sikap Anda juga penting saat mendekati anjing yang ketakutan?

Tips berikut akan membantu Anda menghindari gigitan anjing yang ketakutan, dan membantu mereka mengatasi ketakutannya:

Jangan Berdiri Membayangi Anjing

Anjing yang sudah merasa gelisah akan makin stress jika Anda berdiri dengan tubuh Anda membayangi mereka. Anjing yang sudah ketakutan akan semakin ketakutan saat diperhadapkan dengan sesuatu yang lebih besar dari mereka. Ingatlah untuk selalu menjaga bahasa tubuh Anda ketika mendekati anjing yang sedang ketakutan.

Rendahkan Tubuh Anda Setara Dengan Tinggi Anjing

Cara yang lebih baik untuk mendekati anjing yang sedang ketakutan adalah dengan merendahkan tubuh Anda hingga sama dengan tinggi anjing dan jaga jarak aman. Dengan begini Anda akan terlihat lebih tidak mengancam. Anda bisa berjongkok atau duduk dengan mereka.

Untuk kasus ekstrim, Anda bisa berbaring dengan jarak aman untuk membuat mereka terbiasa dengan kehadiran Anda.

Mendekati Menyamping

Mendekati mereka dengan menyamping juga dapat membantu. Ini bukan posisi yang natural untuk manusia. Bagi manusia, cara yang baik biasanya adalah dengan bertemu face-to-face dan melakukan kontak mata. Tapi bagi anjing, mereka melihat gestur ini kasar dan bahkan melihatnya sebagai ancaman.

Memalingkan Pandangan Anda

Untuk membuat Anda lebih tidak terlihat mengancam bagi anjing, jangan lakukan eye contact. Palingkan wajah anda ke samping, dan jangan melihat anjing secara langsung.

Perhatikan Tone Suara Anda

Suara yang rendah dan lirih dapat mengintimidasi anjing. Cobalah berbicara dengan suara yang lebih tinggi, suara yang lebih riang. Laki-laki mungkin agak kesulitan, tapi cobalah berbicara dengan lebih lembut. Suara yang lembut dan meyakinkan, akan membuat anjing lebih tenang.

Jangan Menghukum

Jangan pernah memarahi atau malah menghukum anjing penakut. Anda akan membuatnya makin parah. Anda juga menaruh diri Anda dalam bahaya karena anjing bisa menggigit saat mereka merasa gelisah.

Jangan Memaksa

Beri anjing kesempatan untuk merasa nyaman dan mendekat dengan sendirinya. Jangan pernah paksakan interaksi. Misalnya, jika anjing takut dengan manusia, jangan tahan tali kekang mereka ketika seseorang mendekat dan ingin mengelus mereka. Ini hanya akan membuat anjing semakin takut dan bisa menyerang jika ia merasa perlu melindungi diri.

Bukan berarti anjing harus benar-benar dijauhkan dari apa yang membuat mereka takut. Sebaliknya, Anda harus bisa pelan-pelan mengenalkan anjing dengan objek yang ditakutinya.

Tetaplah Positif

Latihan akan membawa perubahan dalam tingkat kepercayaan diri anjing Anda. Sikap positif akan membuat komunikasi dengan anjing lebih mudah tanpa memaksa mereka melebihi batas kenyamanan. Anda bahkan dapat memulai latihan tanpa meminta mereka melakukan apapun

Mulailah dengan memuji mereka atau perlahan memberi snack kesukaan saat mereka melakukan sesuatu yang Anda sukai, seperti berjalan mendekati sesuatu atau seseorang yang mereka takuti. Ketika anjing mulai mengerti apa yang Anda inginkan dari mereka, dan mereka akan mendapatkan sesuatu ketika melakukan hal itu, mereka akan mulai lebih percaya diri dan melakukan hal itu lebih sering. Jika Anda tetap positif, dan berjalan pelan tapi pasti, suatu hari Anda akan mendapatkan kepercayaan anjing Anda.

BACA JUGA:

Mengatasi Anjing Penakut

Penyebab Anjing Menjadi Penakut

10 Ketakutan Umum Pada Anjing


Referensi:

http://dogs.about.com/od/dogbehaviorproblems/a/causes-of-fear-in-dogs.htm

 

1 thought on “Mendekati Anjing yang Penakut”

Leave a Comment