‘Seekor’ Pahlawan: Roselle

(via happydogtales.com)

Kesetiaan dan keberanian anjing tidak perlu diragukan lagi. Kisah Roselle adalah satu dari banyak kisah anjing menyelamatkan manusia yang menjadi sorotan publik dan akan selalu dikenang.

Roselle adalah anjing berjenis labrador berwarna coklat muda yang lahir di San Rafael, California, tanggal 12 Maret 1998, dan menjadi anjing pemandu orang buta. Tahun 1999, Roselle bertemu dengan Michael Hingson dan menjadi anjing pemandunya yang kelima.

Kisah kepahlawanan Roselle bermula ketika Hingson sedang bekerja di lantai 78 gedung World Trade Center dan American Airlines Flight 11 menabrak sisi lain gedung, 18 lantai di atasnya. Hingson berhasil bertahan hidup dan menceritakan kisah tragis itu berkat Roselle.

Roselle sedang tidur di bawah meja ketika serangan 9/11 terjadi. Ia terbangun karena mendengar suara dentuman keras dan ruangan yang dipenuhi asap dan reruntuhan. Meskipun orang-orang panik berlarian, Roselle tetap tenang membimbing Hingson ke tangga darurat. Roselle memimpin jalan untuk majikannya dan 30 orang lain. Mereka berhasil keluar dari gedung setelah satu jam menuruni 1463 anak tangga. Tepat setelah mereka keluar, gedung runtuh seluruhnya dan rata dengan tanah. Roselle kemudian membimbing majikannya ke stasiun kereta api bawah tanah untuk berlindung. Disana mereka bertemu korban lain, seorang wanita yang terluka karena reruntuhan.

Ketika mereka sampai di rumah, Roselle dengan bersemangat langsung bermain dengan Linnie, anjing pemandu Hingson yang sudah pensiun, seakan tidak terjadi apapun hari itu.

“Ketika semua orang berlari untuk menyelamatkan diri, Roselle tetap tenang dan fokus dengan pekerjaannya,” tulis Hingson. “Ketika bangunan mulai runtuh dan bahkan melukai kita, Roselle tetap tenang.”

Hingson ingat ia sempat berpapasan dengan tim pemadam kebakaran. Salah satu dari mereka berhenti untuk membelai Roselle dan memberinya pelukan, meskipun anjing pemandu seharusnya tidak boleh dibelai, Hingson tidak menyesal akan apa yang terjadi. “Itu mungkin saja menjadi pelukan terakhir yang ia berikan,” Hingson bercerita tentang si pemadam kebakaran, yang tewas terbunuh hari itu dalam tugasnya.

Setelah kejadian 9/11,  Roselle mendapat penghargaan American Hero Dog of the Year dan berbagai penghargaan lain. Hingson dan Roselle diliput dan muncul di beberapa acara televisi seperti Larry King Live, the CBS Morning Show, dan Regis and Kelly.

“Setiap hari, di Amerika, anjing menjaga, menenangkan, dan menjadi sahabat bagi orang sakit, orang tua, orang yang terluka, dan anak kecil yang ketakutan,” Robin Ganzert menyatakan kepada publik saat memberi penghargaan untuk anjing-anjing pahlawan. “Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memberi penghargaan bagi sahabat manusia dan merayakan aksi kepahlawanan yang mereka lakukan setiap hari.”

Hingson juga menulis sebuah buku, “Thunder Dog: The True Story of a Blind Man, His Guide Dog, and the Triumph of Trust at Ground Zero,” dan menjadi direktur humas sebuah organisasi anjing pemandu. Ia membawa Roselle keliling dunia dan Roselle pensiun di tahun 2007. Menurut blog yang ditulis Hingson, Roselle meninggal saat berusia 13.

BACA JUGA:

‘Seekor’ Pahlawan: Teror 9/11


Referensi:

http://www.today.com/pets/dog-who-saved-owner-9-11-named-american-hero-dog-2D80555369#.Ui-WNT9Mjmt

https://en.wikipedia.org/wiki/Salty_and_Roselle

Leave a Comment