‘Seekor’ Pahlawan: Teror 9/11

(via today.com)
(via today.com)

9/11 ‘seekor pahlawan’ menyelamatkan seorang wanita yang terperangkap di bawah reruntuhan selama 27 jam.

Pada 11 sept 2011, Genelle Guzman-McMillan sedang bekerja di kantornya di World Trade Center ketika dia mendengar suara yang mengerikan dari luar gedung. Ketika ia berlari turun dari tangga darurat, ia merasakan bangunannya mulai runtuh dan menimbunnya.

27 jam kemudian ia adalah orang terakhir yang diselamatkan dari puing-puing reruntuhan. Ia tidak ditemukan oleh manusia dengan peralatan khusus, tapi penyelamatnya adalah seekor anjing.

“Saya sangat kagum anjing memiliki indera penciuman yang tajam, untuk menemukan korban yang tertimbun” Genelle mengatakan kepada Animal Planet untuk film dokumentari “Hero Dogs of 9/11” “Setelah diselamatkan, saya merasakan hidup baru… ini adalah saat yang sangat membahagiakan.”

Cerita Genelle adalah salah satu dari beberapa kisah kepahlawanan anjing yang menginspirasi produser film dokumentasi, Tanya Kelen. Ia memutuskan untuk membuat cerita tentang pahlawan, yang kebetulan memiliki empat kaki dan berbulu. Film yang diproduksinya, yang tayang setiap hari selasa di Animal Planet, menyorot banyak anjing hebat, bersama dengan dokter dan pelatih mereka yang membuat hal ini memungkinkan.

Ada lebih dari 300 anjing yang telah terlatih untuk melacak yang dikerahkan sehari setelah serangan teroris 9/11. Mereka membantu dalam menemukan orang-orang yang terperangkap di reruntuhan dan setelah itu, menemukan barang-barang seperti perhiasan yang dapat dikembalikan ke keluarga korban. Anjing terapi bahkan lebih banyak lagi, untuk membantu korban dan orang-orang yang selamat untuk mengatasi trauma paska kejadian.

“Kami menemukan beberapa orang masih terlalu terguncang untuk menceritakan pengalaman mereka” kata Kelen dari hasil pertemuannya dengan korban 9/11. “Tapi Genelle bilang ia memiliki misi untuk terus menceritakan pengalamannya, karena ia telah diselamatkan.”

Pekerjaan penting anjing pelacak-dan-penyelamat di sorot di dokumentasi Animal Planet “Hero Dogs of 9/11”. Kelen juga menyorot cerita dokter hewan Dr. Cynthia Otto, yang berada disana saat peristiwa 9/11 untuk membantu anjing-anjing pelacak. Beberapa dari mereka terluka karena reruntuhan atau menghirup asap. Banyak dari anjing-anjing pelacak ini adalah anjing yang diadopsi dari shelter dan dilatih untuk membantu manusia. Sangat disayangkan jika orang-orang tidak tahu merekalah yang banyak membantu dalam misi penyelamatan ini.”

Genelle adalah salah satu dari 15 karyawan Port Authority yang berusaha menyelamatkan diri secara bersamaan.

“Aku merasakan dinding menghilang,” Ia bercerita saat diliput. “Disana sangat gelap dan semuanya runtuh.” Genelle tertimbun di bawah semen dan besi, dan tidak dapat bergerak. Ia berdoa meminta Tuhan menolongnya.

Genelle satu-satunya karyawan Port Authority yang bertahan hidup. Meskipun dokter memvonis Genelle tidak bisa berjalan lagi, dia menentang kenyataan itu dan sekarang Genelle tidak hanya bisa berjalan, namun berlari.

Cerita tentang kepahlawanan anjing lainnya saat peristiwa 9/11 adalah kisah Michael Hingson, seorang karyawan buta yang diselamatkan anjingnya, Roselle seekor labrador retriever coklat muda, dan berhasil keluar dari gedung.

BACA JUGA:

‘Seekor’ Pahlawan: Roselle


Referensi:

http://www.today.com/pets/9-11-hero-dog-saved-woman-trapped-rubble-27-hours-8C11125763

Leave a Comment