Penghiburan di Dokter Gigi

(via today.com)
(via today.com)

Dari semua hal yang anak kecil paling tidak sukai, mengunjungi dokter gigi biasanya ada di urutan teratas. Kecuali mereka pergi ke Pediatric Dentistry of Northbrook, Illinois.

Praktek dokter gigi tersebut, yang dikelola oleh dokter Thomas Resnick dan Paul Egger, menemukan cara untuk membantu pasien kecil mereka rileks dan bahkan menikmati saat giginya diperiksa. Rahasianya: seekor anjing golden retriever berumur 6 tahun bernama JoJo.

Sebagai anjing yang sudah terlatih, JoJo menenangkan pasien yang berada di ‘kursi panas’. Ia akan duduk di pangkuan mereka, dengan lembut menaruh kepala di badan pasien, dan dengan sabar mengalihkan perhatian mereka dari rasa tidak nyaman di dalam mulut mereka.

Kedatangan JoJo pertama kali di dunia kedokteran gigi adalah berkat Lynne Ryan, pelatihnya, yang mencetuskan Ide menggunakan anjing penenang untuk membantu pasien kecil melalui situasi yang membuat stress. “Bekerja di dunia pediatric memiliki permasalahan sendiri,” kata Ryan, yang juga melayani sebagai asisten dokter gigi di klinik tersebut selama dua dekade.

“Anak-anak kadang takut menghadapi hal baru, dan mengunjungi dokter gigi bisa menjadi salah satunya,” Ia menambahkan “Tugas kami adalah untuk membuat pasien merasa senyaman mungkin, dan JoJo ada disini untuk membantu.”

Contohnya seorang pasien berumur 4 tahun bernama Sophia. Kunjungan sebelumnya membuatnya trauma dan staff mengatakan satu-satunya cara untuk membersihkan giginya adalah dengan menggunakan anestesi. Tidak lagi. Hanya perlu satu kali kunjungan dengan didampingi JoJo dan kelihatannya rasa cemasnya menghilang.

Tapi tidak hanya anak kecil yang menjadi tenang karena JoJo. “Tidak hanya pasien yang stress,” Ryan menjelaskan. “Orang tua mereka juga stress. JoJo menenangkan seorang ibu dengan duduk tenang di pangkuannya saat dokter dan asistennya merawat gigi anaknya.” JoJo seperti memiliki indera keenam, tahu siapa yang membutuhkannya.

JoJo juga membuat kunjungan lebih mulus dan cepat. JoJo pintar mengalihkan perhatian, jadi pasien tidak fokus ke perawatan giginya.” Kata Ryan, yang memperkenalkan si anjing dengan suara kantor dan kursi roda, walkers, dan apapun yang ditemuinya saat bekerja.

Untuk saat ini, JoJo datang hanya sekali dalam sebulan dan hanya dengan perjanjian terlebih dahulu. Ketika ia tidak berada di klinik, ia menjadi penenang di sekolah, rumah perawatan, dan rumah untuk orang tua penyandang cacat. Ia bahkan mengunjungi korban penembakan pada 2012 di sekolah di Sandy Hook Elementary School dan korban tornado di Joblin, Missouri, dan Washington, Illinois.

Tapi masa depan Jojo yang sesungguhnya ada di perawatan gigi, paling tidak selama pasien muda di Pediatric Dentistry masih membutuhkannya. Mereka bertanya, “Apakah JoJo dokter gigi saya sekarang?” Tanya Ryan.


Referensi:

http://www.today.com/pets/meet-dog-who-makes-kids-actually-going-dentist-t84496

Leave a Comment