Perilaku Agresif terhadap Makanan

(via dogtemperament.com)
(via dogtemperament.com)

Ketika anjing dengan agresif melindungi makanannya, itu bisa menjadi masalah serius. Tidak hanya bahaya gigitan, tapi bisa mengakibatkan anjing menjadi posesif terhadap semua hal.

Anjing bisa menjadi posesif ketika sedang makan,dengan mengancam atau mengusir orang atau anjing lain yang mendekat.

Ada tiga tingkat agresif pada anjing:

Ringan: Anjing menggeram dan menunjukkan gigi
Sedang: Anjing menyerang ketika didekati
Berat: Anjing menggigit

Agresif melindungi makanan bukan berarti mereka menunjukkan dominasi. Dalam kawanan anjing, pemimpin selalu makan duluan setelah berburu, dan anjing lain mendapatkan sisanya tergantung dari posisi mereka dalam kawanan.

Bagi pemimpin kawanan, mereka menunjukkan perilaku ini sebagai tanda dominasi. Tapi untuk anjing dengan posisi di bawahnya, ini merupakan tanda kegelisahan dan ketakutan. Di alam liar, anjing tidak pernah tau kapan selanjutnya mereka makan. Jadi sangat normal jika mereka makan apa yang ada ketika mereka mendapatkannya – dan untuk melindungi makanannya dari apapun yang mengganggu.

Tanda-tandanya adalah ketika anjing sedang makan, tubuh mereka kaku dan terus menunduk. Mereka menggunakan bahasa tubuh untuk mengarahkan dan menjaga makanannya. Tanda lainnya, warna putih dari mata mereka terlihat, telinga dan ekor turun. Atau bulu mereka berdiri. Dan tanda lain adalah menggeram, menyerang, atau menggigit.

Apa yang harus dilakukan?

Pertama, perhatikan apakah mereka hanya posesif terhadap makanan atau hal lain juga? Seperti mainan, area istirahat, atau bahkan manusia?

Jika yang ditunjukkan tidak hanya makanan, berarti anjing hanya menunjukkan bahwa mereka berjaga-jaga.

Perhatikan kepercayaan diri anjing anda. Jika mereka dari awal adalah anjing yang dominan, anda harus menempatkan diri sebagai pemimpin mereka dengan cara yang tenang dan tegas. Di sisi lain, kalau mereka adalah anjing yang pemalu atau penakut, anda harus bisa membuat mereka percaya diri dan mengajari mereka bahwa makanan mereka aman meskipun ada manusia di sekeliling mereka.

Perhatikan perilaku agresif ringan, sedang, atau berat. Untuk kasus yang berat, cobalah berkonsultasi dengan profesional.

Berikut adalah beberapa teknik untuk digunakan:

Konsisten

Berilah anjing makan di waktu yang sama setiap hari. Waktu yang sama akan menghilangkan kegelisahan mereka.

Mereka harus bekerja untuk mendapatkan makanan

Ketika Anda menyiapkan makanan untuk anjing, buatlah mereka duduk dan diam. Ajari mereka untuk diam dan menunggu bahkan setelah anda menaruh tempat makanan.

Selalu beri makan mereka setelah berjalan-jalan. Jangan sebelumnya. Ini akan memuaskan insting berburu mereka. Setelah sampai rumah, mereka akan merasa makanan adalah hadiah mereka. Olahraga setelah makan juga berbahaya untuk anjing, mereka bisa kembung

Pemimpin kawanan makan duluan

Ingat ketika anjing liat selesai berburu, posisi tertinggi dalam kawanan akan makan duluan sebelum yang lain. Jangan pernah memberi anjing makan sebelum atau ketika manusia sedang makan, manusia dulu makan, dan ketika mereka sudah selesai, anjing makan. Ini akan menguatkan status anda sebagai pack leader.

“Memenangkan” Makanan

Perilaku agresif bisa semakin menjadi-jadi jika Anda mundur ketika anjing melindungi makanannya, karena itu yang mereka inginkan. Setiap kali Anda mundur ketika mereka menjadi agresif, mereka “menang” dan hadiahnya adalah makanannya. Ini akan memperkuat sifat agresif.

Berikut ini adalah beberapa teknik yang bisa digunakan:

Memberi makan dengan tangan: Gunakan tangan saat mengisi tempat makan anjing, mereka akan mencium bau tubuh kita. Tujuannya adalah membuat anjing terbiasa makan dengan tangan kita berada disekitar mereka.

Beri snack kesukaan mereka saat mereka makan: Selipkan snack kesukaan mereka ke dalam tempat makan ketika mereka sedang makan, jadi mereka akan sadar bahwa orang yang mendekati tempat makan adalah hal yang baik dan bukan suatu ancaman.

“Barter”: Saat anjing sedang makan, dekati mereka dengan makanan yang lebih menggiurkan seperti daging atau makanan kesukaan mereka. Tujuannya adalah membuat mereka berhenti makan dan mengambil makanan di tangan kita. Mereka akan belajar bahwa tidak akan ada yang mencuri makanan mereka meskipun mereka tidak memperhatikan. Selain itu mengalihkan perhatian saat seseorang datang mendekat berarti hadiah.

Saat merehabilitasi anjing yang posesif terhadap makanannya, 2 hal terjadi. Pertama Anda mempengaruhi mereka sehingga mereka tidak perlu melindungi makanan saat seseorang mendekati mereka. Selain itu mereka mulai belajar bahwa tidak akan terjadi apa-apa ketika seseorang menghampiri tempat makan mereka.

Banyak teknik lain yang bisa digunakan untuk mengurangi perilaku agresif atau menghindari perilaku itu terjadi dari awalnya. Kuncinya adalah, selalu tenang, tegas, dan konsisten. Sebagai pemimpin kawanan, kita harus mengajari mereka bahwa tidak ada alasan untuk mereka menjaga makanan dari kita.

BACA JUGA:

Perilaku Agresif Terhadap Anjing Lain

Perilaku Agresif terhadap Benda atau Tempat Tertentu

Perilaku Agresif terhadap Manusia


Referensi:

https://www.cesarsway.com/dog-behavior/food-aggressive/food-aggression-and-what-to-do-about-it

Leave a Comment