3 Tanda Awal Anjing Mulai Agresif

(via en.wikipedia.org)
(via en.wikipedia.org)

Perilaku agresif merupakan tingkah laku alami, terutama untuk binatang liar. Tapi sifat ini tidak diperlukan dan bahkan berbahaya jika masih dimiliki oleh anjing yang sudah dijinakkan. Sayangnya, kebanyakan owner tidak mengetahui tanda-tanda awal sifat agresif. Faktanya, kebanyakan pelatih anjing profesional tidak dipanggil hingga sifat agresif mulai ekstrim dan anjing sudah menggigit seseorang. Ada beberapa cara untuk mencegah anjing bertingkah agresif lebih parah dan beberapa tips untuk mengidentifikasi tanda-tanda awal.

#1 – Menggeram (Growling)

Menggeram dilakukan sebagai sinyal peringatan untuk membuat binatang lain tidak mendekat. Geraman adalah cara anjing untuk menunjukkan bahwa ia akan menggigit. Ini adalah cara mereka untuk melindungi diri, dan dengan menggeram, mereka berharap ancaman akan segera minggir. Sebagai anjing rumahan, segala bentuk geraman tidak diperbolehkan. Anda harus heran jika anjing menggeram ketika Anda mendekat. Anjing mungkin takut dan tidak ingin disentuh, atau mungkin ia melindungi mainan favoritenya atau snack dari Anda, orang lain, atau anjing lain. Bagaimanapun, anjing yang menggeram harus diperiksa oleh pelatih anjing profesional.

#2 – Menggigit Kecil & Menggertak (Nipping & Snapping)

Anjing biasanya tidak menggigit atau menyerang tanpa peringatan terlebih dahulu, dan menggeram adalah cara mereka memperingati. Menggigit kecil dan menggertak biasanya merupakan salah satu tanda mereka mulai menjadi agresif. Anjing bisa menggigit dan menggertak sebagai ancaman. Sama seperti menggeram, mereka melakukan ini untuk mengancam musuh agar tidak mendekat dan meninggalkan mereka. Meskipun anjing tidak melakukan kontak atau menyakiti Anda dengan gertakan, Anda harus pastikan perilaku ini tidak terjadi lagi. Cubitan kecil ini bisa menjadi gigitan dan dapat berakibat fatal.

#3 – Menggigit (Biting)

Menggigit memang tidak selalu menjadi tanda anjing agresif, namun jika anjing menggigit, Anda harus memanggil pelatih profesional untuk menanganinya. Gigitan dapat berupa cubitan-cubitan kecil atau bahkan gigitan fatal. Meskipun anjing Anda hanya menggigit pakaian seseorang dan menarik sedikit sebelum melepaskannya, itu tetaplah bentuk gigitan. Apapun yang mereka lakukan, jika sudah ada kontak gigi dengan kulit, harus ditangani dengan serius. Gigitan akan meluas, dan Anda bisa dengan mudah membutuhkan jahitan jika tidak segera ditangani.

Point penting untuk menangani sifat agresif adalah dengan menganggap setiap ancaman dan serangan penting dan harus diwaspadai. Bahkan saat anjing Anda hanya menggeram, Anda harus memastikan itu tidak ada hubungannya dengan perilaku agresif. Perilaku agresif sangat cepat menjadi-jadi jika tidak ditangani dengan serius. Anjing agresif tidak diterima oleh masyarakat dan banyak dari mereka yang disuntik mati karena owner tidak ingin menunggu terlalu lama untuk merehabilitasi mereka. Jadi jika Anda melihat tanda-tanda ini, bertanyalah pada pelathih anjing profesional sesegera mungkin.


Referensi:

iheartdogs.com/3-early-signs-of-aggression-in-dogs/

 

Leave a Comment