Anjing yang Takut Guntur

(via cesarsway.com)
(via cesarsway.com)

Fobia atau ketakutan terhadap guntur adalah fobia yang umum dialami banyak anjing. Anjing yang memiliki fobia ini menjadi sangat gelisah dan ketakutan ketika badai datang. Owner yang melihat anjing ketakutan biasanya merasa pasrah dan frustasi. Temukan apa yang menjadi penyebab anjing takut terhadap guntur dan bagaimana mengatasinya.

Tidak ada yang benar-benar bisa memastikan apa yang menjadi penyebab anjing takut terhadap guntur. Namun, kita dapat berspekulasi. Mungkin ada beberapa alasan anjing takut terhadap guntur dan alasannya berbeda setiap anjing. Alasan yang jelas adalah karena suara yang keras. Banyak anjing takut dengan suara yang keras, dan guntur adalah satu dari banyak suara yang membuat mereka takut (selain itu ada kembang api, tembakan, dll)

Tapi penyebab dari rasa takut itu tidak terbatas hanya suara yang keras. Perubahan tekanan dan kelembapan dapat mempengaruhi indera anjing Anda dan mungkin mengakibatkan ketidaknyamanan untuk telinga mereka. Anjing dengan gangguan ortopedik dapat mengalami rasa sakit lebih dari biasanya. Alasan lain yang memungkinkan adalah pengalaman traumatis. Anda mungkin tidak tahu apa yang terjadi, tapi mungkin sesuatu yang membuat stress atau menakuti anjing terjadi di masa lalu. Genetik juga bisa menjadi salah satu alasan anjing merasa takut, atau bahkan alasan utamanya.

Tanda-tanda anjing yang takut guntur

Jika anjing Anda merasa gelisah, hiperaktif, merusak, atau menyendiri saat badai, kemungkinan besar mereka memiliki fobia terhadap guntur. Tanda-tandanya biasa cukup jelas sehingga mungkin Anda sudah tahu bahwa anjing merasa ketakutan. Banyak anjing akan mondar-mandir, terengah-engah, atau merengek. Beberapa anjing menjadi manja dan mencari perhatian. Ada yang bersembunyi, terdiam karena takut. Tanda-tanda ini bisa tidak kita sadari awalnya, dan bahkan Anda bisa secara tidak sadar menguatkan rasa takutnya. Awalnya ketakutan mereka mungkin tidak terlalu kentara tapi bisa semakin parah jika dibiarkan. Tidak jarang anjing dengan ketakutan terhadap guntur bisa terkencing-kencing. Tanda-tanda ini bisa muncul beberapa saat sebelum badai datang, jadi perhatikan tanda-tanda yang terjadi saat cuaca normal. Anjing Anda mungkin bisa jadi peramal cuaca terbaik yang Anda kenal.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan reaksi anjing. Pertama, jangan pernah meninggalkan anjing Anda di luar rumah ketika badai. Berikutnya, perhatikan sikap Anda dan orang yang tinggal di rumah saat terjadi badai. Anjing dapat merasakan kegelisahan, ketakutan, dan stress yang manusia rasakan, meskipun tidak berhubungan dengan badai. Berusahalah untuk selalu tenang dan rileks. Mungkin hal terpenting yang dapat anda lakukan adalah melakukan rutinitas Anda. Jangan memperhatikan anjing ketika mereka menunjukkan tanda-tanda ketakutan atau kegelisahan. Meskipun kelihatannya anjing butuh ditenangkan dan dimanja, melakukannya hanya akan memberi dukungan atas sikap negatifnya.

Ada beberapa cara untuk secara tidak langsung menenangkan anjing Anda saat terjadi badai (atau ketakutan lain). Satu hal yang Anda dapat sediakan adalah tempat bersembunyi yang nyaman di area yang paling sunyi di rumah Anda. Sebuah kandang dengan kasur yang empuk di dalamnya yang dilapisi selimut mungkin dapat membuat anjing merasa lebih aman. Cobalah memainkan musik untuk menenggelamkan suara badai.

Jika anjing benar-benar sudah tenang dan berhenti bereaksi terhadap badai, hadiahi mereka dengan pujian dan hadiah.

Anjing yang menderita ketakutan parah terhadap badai, membutuhkan bantuan dari profesional. Dokter hewan dapat membantu Anda untuk memberi obat penenang.

Karena fobia badai cenderung semakin parah jika dibiarkan, sangat penting untuk melakukan sesuatu ketika Anda sudah melihat tanda-tandanya. Jangan bertindak ketika fobia sudah semakin parah – karena akan sangat sulit untuk ditangani. Fobia terhadap badai dapat menjadi masalah serius yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kehidupan anjing Anda. Ambil langkah sekarang demi anjing Anda.


Referensi:

http://dogs.about.com/od/dogbehaviorproblems/qt/thunderstorms.htm

https://www.cesarsway.com/dog-care/weather-care/weathering-the-storm

Leave a Comment