anjingras.com
December 01, 2021, 06:56:31 PM *
Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Login with username, password and session length
News: Selamat datang di Forum Diskusi Anjing Ras !!!
 
   Home   Help Search Login Register  
Pages: [1]
  Print  
Author Topic: Shetland sheepdog puppies, bingung nih.  (Read 2982 times)
Whooo
Newbie
*
Posts: 14



View Profile
« on: January 12, 2009, 04:57:06 AM »

Hi, saya anggota baru di sini. Alasan jadi anggota : Bingung ngurusin puppies yg baru dibeli, jenisnya Shetland sheepdog, umurnya kira2 1.5 bulan. Baru sampai di rumah tiga hari ini.

Kok kadang2 puppiesnya suka gigit2 saya ya? Udah dilarang ga bisa, gimana sih cara ngajarin supaya jangan gigit2 kaki orang. Dilarang kok kayaknya susah banget, apalagi kalau dia sudah excited banget gitu, mis: abis diajak main2.  Huh

Kalau mau liat fotonya ada di :
http://william-the-sheltie.blogspot.com/ (http://william-the-sheltie.blogspot.com/)

Dan barusan isteri telp katanya sejak saya berangkat kantor, si William jadi rewel suka gonggong2 terus ga mau diem.
Logged
CROSS
Newbie
*
Posts: 34



View Profile
« Reply #1 on: January 12, 2009, 11:02:32 AM »

wah sheltie, pasti lucu.
selamat ya pak, dipelihara baik2 n terus cari informasi mengenai anjing ini, karena butuh perhatian khusus.

sheltie juga dikenal sebagai miniatur collie, karena perawakannya yg betul2 mirip, hanya ukuran tubuhnya saja yang lebih kecil [dalam beberapa kasus, memang ada sheltie yang waktu dewasa jadinya besar sekali]. n sudah cukup dikenal bahwa sheltie jauh lebih vokal dibanding collie, mereka memang lebih aktif menggonggong terhadap apapun, terutama makhluk/benda yang bergerak.

trus mengenai kebiasaan gigit, harus dilihat dulu umurnya. kok muda sekali waktu diambil [1,5 bulan]?
minimal 2 bulan adalah waktu yang wajar untuk memisahkan anakan dengan induknya, karena selain membiarkan pemilik lamanya mengurus vaksin si anjing hingga umurnya dua bulan, juga agar si puppy biasa bergaul dengan anjing lain. bergaul dengan anjing lain bisa mengajarkan mereka gigitan seperti apa yang boleh dan tidak, semuanya terjadi alamiah.

yah, karena sudah lewat, ini sedikit tips dari saya.
kebiasaan gigit bisa terjadi karena dia melihat moving object, jadi kalau anda lari, dikejar dan digigit sampe anda tidak bergerak lagi. atau bisa juga karena giginya lagi "gatal", semua anjing mengalami vase ini, terlebih yang masih berusia muda. memaksa dia untuk tidak menggigit juga kurang bagus untuk perkembangan giginya.

jadi yang bisa dilakukan sekarang, menebarkan banyak mainan/tulang yang bisa dia gigit dan aman untuk giginya, harus agak besar biar tidak tertelan. kalau saya biasanya menyebarkan mainan dimana-mana, jadi sang puppy punya akses dimanapun.
yang kedua, mulai ajarkan command "NO". artinya setiap kali dia gigit manusia, katakan NO, dengan suara halus, dilanjutkan dengan NO yang lebih tegas bila dia masih menggigit. bila masih juga, "tampar" mukanya dengan air sambil berkata NO. tidak perlu banyak, yang penting cukup untuk membuat dia kaget.

masih ada tips lain seperti "lay n chill", tapi rasanya yang diatas patut dicoba dulu.
semoga berhasil n have a nice smart puppy.
Logged
Whooo
Newbie
*
Posts: 14



View Profile
« Reply #2 on: January 13, 2009, 07:23:24 AM »

Iya emang mukanya mungil, tirus dan telinganya agak tegak tapi lemes, warnanya jg kayak Collie.

Soal umur yg terlalu muda ada bbrp hal sih, pertama saya sendiri yg jadi ngebet pingin cpt2 bawa anjingnya setelah lihat. Dan juga dari pihak penjual saya tanya katanya gpp.

Bener jg sih, waktu cari2 info di internet kebanyakan bilang baiknya umur 10 bln baru dibawa.

Ini hari ke-empat dia di rumah dan hari ini sudah lumayan tidak gigit2 kaki orang. Isteri saya yg masih agak takut2 ama anjing saya minta pakai celana jeans ama sepatu saja. Jadi otomatis dia ngga takut dan bisa tenang waktu anjingnya mulai deket2in kakinya. Juga dari kemarin tiap dia mau gigit2 saya kasih tulang2an, awalnya dia ga mau. Tapi lama2 dia lebih condong gigit2 tulang2an itu drpd gigit kaki orang.

Lucu juga sih, kalau sudah gigitin tulangnya heboh banget, tulangnya bisa dikejar2 sampai ke mana-mana. Dan kalau lagi gigit2 tulang terus saya ke ruangan yg lain, eh dia ngikutin sambil bawa2 tulangnya itu.

Yg belum berhasil ngajarin dia kencing di luar, kalau bab dia sudah otomatis milih keluar, kecuali kalau malam2 dia mesti ditemenin keluar, kalau sendirian kayaknya masih takut2.

O ya, kemarin malam saya berhasil ngajarin dia duduk dan diam. Pagi ini kalau sudah dekat2 sukanya duduk sambil ngeliatin saya, hehehe. Biasanya ngelonjak2 atau mulai narik2 celana.
Logged
CROSS
Newbie
*
Posts: 34



View Profile
« Reply #3 on: January 13, 2009, 01:58:33 PM »

hohoho sudah mulai nurut rupanya, bagus kalo begitu.
tapi pemilik juga harus ingat, sekiranya dia tiba2 tidak menurut, jangan marah atau frustasi.
umur segitu memang masih labil. kita sebagai pemilik yang harus meluangkan waktu untuk telaten mendampingi dan mengajarkan.
Logged
Pages: [1]
  Print  
 
Jump to:  

Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.11 | SMF © 2006-2009, Simple Machines LLC Valid XHTML 1.0! Valid CSS!