anjingras.com
June 28, 2022, 12:52:30 AM *
Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Login with username, password and session length
News: Selamat datang di Forum Diskusi Anjing Ras !!!
 
   Home   Help Search Login Register  
Pages: [1]
  Print  
Author Topic: Ga Nurut dan suka gigit2  (Read 12456 times)
Harano-kun
Newbie
*
Posts: 4


View Profile
« on: April 20, 2011, 10:06:21 AM »

Bro and sist, mau tanya niih saya juga newbie, anjingku ras kintamani n peking udh d piara selama 2 bulan, umurny udh 3 bulan dr kelahirannya, kelahirannya pas bgt di hari valentine,, Cheesy tapi dy suka gigit2in sofa, sma benda2 lainnya, kmrn aj charger udah ada yang putus kabelnya akibat kenakalannya dia naek2 bangku dan merembet naik ke lemari, udah gitu kemarin udah bisa naik ke lantai 2 sendiri, kalo di panggil nurut, tapi kalo lagi liatin makanan atau tamu di panggil malah g mau dateng, kalo d suruh duduk g mau, kecuali kalo aku lagi pegang makanan, aku suru duduk dia langsung duduk, herannya di kasih dogfood ga mau, apa karena udh sring makan makanan manusia? kalo udah gitu gmn tuh biar dy mau lagi makan dogfood? soalnya aku beli dogfood, tapi blm d makan sma dy sdktpun, ckckck kira2 gimana tuh solusinya brother and sisters?? nih fotonya brother and sista,, Cheesy
« Last Edit: April 20, 2011, 11:28:06 AM by Harano-kun » Logged
shiva
Newbie
*
Posts: 1


View Profile
« Reply #1 on: April 25, 2011, 11:04:57 AM »

anjing umur segitu emang lagi aktif dan nakal se nakalnya. justru semakin aktif dan pengin tahu dia, semakin pintar dia berarti. anjingku dlu juga badung luar biasa hehe. coba saja terapkan disiplin kecil-kecilan, kayak kalau dia menurut di puji dan diberi hadiah snack (puppies lbh terangsang sama hadiah makanan), kalau dia nakal ga mau nurut, di omelin sebentar, atau kasih barang yg dia ga suka tapi jangan dipukul. kalau dipukul, anjing bs jadi: galak/ agresif atau penakut, tergantung anjingnya. Kalau sangat mengganggu, buat 'area bebas' untuk dia, misalnya di pojokan teras, yang ada barang2 yang boleh di eksplor sesukanya sama dia. Ini sudah sy coba ke anjing saya dulu. Ada beberapa barang yg saya biarkan dia rusak dia guling2 sesuka dia (ada keset bekas, kain ekas, bola, tulang2an, ember dan botol2an (tp yg bahan plastik sering2 diganti)), kalau dia muasin keinginan nakal dia ke barang2 dia yang ada di pojokkan itu, saya biarin aja malah kadang2 saya ikutan heboh brg dia, tapi kalau dia mulai mau coba sentuh barang lain selain barang itu, saya larang. Ga terlalu lama, dia ngerti kok ada 'barang dia' ada yg bukan. dengan catatan sering bareng si anjing, jadi begitu dia mulai mendekat kebarang lain, lgsg larang, biar ngerti. Kalau dilarang masih nekat, cipratin air sedikit aja dari tangan ke mukanya, biasanya berhenti.

kalau soal makan, kebetulan anjing sy sampai sekrang msh lebih doyan makanan manusia daripada dog food. dan ga ada masalah, bahkan tetangga sering tanya kok anjingnya sehat sekali, banyak yg muji bulunya yg hitam berkilu, mereka tanya saya kasih vitamin apa. pdahal saya kasih makanan rumahan. prinsip saya, saya lebih percaya makanan yang dimasak dirumah saya daripada dogfood yang pabrikan. dimata aja dogfood yg bagus tetap saja buatan pabrik, dan saya lbh senang anjing sy makan makanan alami, dengan catatan tetap penuhi gizi si anjing, dan ada beberapa makanan manusia yang tidak boleh untuk anjing, seperti bawang2an, brokoli, seafood, coklat, dll yg bisa dibrowsing di google. makanan rumahan yang memenuhi gizi dan aman juga bisa lebih variatif rasa dan jenis masakannya buat si anjing dari pada dogfood Wink

semoga membantu ya
Logged
Harano-kun
Newbie
*
Posts: 4


View Profile
« Reply #2 on: April 25, 2011, 02:26:20 PM »

anjing umur segitu emang lagi aktif dan nakal se nakalnya. justru semakin aktif dan pengin tahu dia, semakin pintar dia berarti. anjingku dlu juga badung luar biasa hehe. coba saja terapkan disiplin kecil-kecilan, kayak kalau dia menurut di puji dan diberi hadiah snack (puppies lbh terangsang sama hadiah makanan), kalau dia nakal ga mau nurut, di omelin sebentar, atau kasih barang yg dia ga suka tapi jangan dipukul. kalau dipukul, anjing bs jadi: galak/ agresif atau penakut, tergantung anjingnya. Kalau sangat mengganggu, buat 'area bebas' untuk dia, misalnya di pojokan teras, yang ada barang2 yang boleh di eksplor sesukanya sama dia. Ini sudah sy coba ke anjing saya dulu. Ada beberapa barang yg saya biarkan dia rusak dia guling2 sesuka dia (ada keset bekas, kain ekas, bola, tulang2an, ember dan botol2an (tp yg bahan plastik sering2 diganti)), kalau dia muasin keinginan nakal dia ke barang2 dia yang ada di pojokkan itu, saya biarin aja malah kadang2 saya ikutan heboh brg dia, tapi kalau dia mulai mau coba sentuh barang lain selain barang itu, saya larang. Ga terlalu lama, dia ngerti kok ada 'barang dia' ada yg bukan. dengan catatan sering bareng si anjing, jadi begitu dia mulai mendekat kebarang lain, lgsg larang, biar ngerti. Kalau dilarang masih nekat, cipratin air sedikit aja dari tangan ke mukanya, biasanya berhenti.

kalau soal makan, kebetulan anjing sy sampai sekrang msh lebih doyan makanan manusia daripada dog food. dan ga ada masalah, bahkan tetangga sering tanya kok anjingnya sehat sekali, banyak yg muji bulunya yg hitam berkilu, mereka tanya saya kasih vitamin apa. pdahal saya kasih makanan rumahan. prinsip saya, saya lebih percaya makanan yang dimasak dirumah saya daripada dogfood yang pabrikan. dimata aja dogfood yg bagus tetap saja buatan pabrik, dan saya lbh senang anjing sy makan makanan alami, dengan catatan tetap penuhi gizi si anjing, dan ada beberapa makanan manusia yang tidak boleh untuk anjing, seperti bawang2an, brokoli, seafood, coklat, dll yg bisa dibrowsing di google. makanan rumahan yang memenuhi gizi dan aman juga bisa lebih variatif rasa dan jenis masakannya buat si anjing dari pada dogfood Wink

semoga membantu ya

Makasih banyak sista Shiva buat saran dan komentarnya, tapi masalahnya gini sist, kalo saya taro di pojokan atau saya buat tempat sendiri buat dia, pasti dia bukannya main sist, tapi malah gonggong terus ga berenti2 minta di keluarin dari tempatnya, takut tetangga terganggu, jadi yaudah selama ini saya biarin anjing saya diam di teras dan sering menggigit2 sendal yang jatuh dari rak sepatu dan benda2 lainnya, diam di teras pun terkadang dia masih suka gonggong minta di temani, kalau saya ke teras dia baru diam, dan ketika saya masuk lagi kedalam rumah, dia gonggong lagi, dan itu sering terjadi di subuh hari, sekitar jam 4 pagi,, jika saya sudah sampai teras dia malah tidur di dekat saya, jadi terkesan dia minta selalu ditemani oleh saya, kesannya seperti anak yang manja, gimana sist kira-kira??
Logged
drago
Jr. Member
**
Posts: 88


View Profile
« Reply #3 on: April 29, 2011, 07:11:06 AM »

jangan taruh teras deh kalo suka gonggong nanti dikomplain sama tetangga. Masukin rumah aja, bener kata Shiva kasih batasan mana barangnya mana bukan.
Taruh tempat minum, alasnya di tempat yang menjadi wilayahnya.
Kasih tulang tulangan yang bisa dikunyah dan aman dimakan biar ndak gigit-gigit ke mana mana.

Logged
Amigo
Sr. Member
****
Posts: 366



View Profile
« Reply #4 on: April 29, 2011, 05:15:46 PM »

Nambahin dikit aach...! Puppyku (4 bln) juga begitu kok, nakal, jahil, suka gigit2 apa aja (termasuk tanganku atau kaki), manja sekali & ngga nurut....tapi kayaknya itu memang sifat Puppy deh. Mrk butuh perhatian dari Bozznya & juga butuh diajak main.
Kalo pulang kantor aku selalu diajak main, padahal udah cape kan...tapi hati juga jadi terhibur kok ngeliat tingkah lakunya...jadi capenya terasa hilang. Sehabis mandi juga aku ajak main lagi.
Aku beliin mainan, Bola kecil & Bebek2an yg kalo digigit bisa bunyi. Dia seneng sekali dgn mainan2 itu. Coba deh beliin, banyak dijual kok di Pet Shop, spy ngga iseng gigitin macem2 lagi and juga krn udah cape lari2 & lompat2 ngejar and nangkap bola tidurnya jadi pules sampe pagi.
Tulang2an yg dari Kulit juga oke tuh supaya dia bisa ngelampiasin giginya yg gatel.
Terkadang kalo terlalu nakal, boleh juga ditakutin dgn sapu lidi, kalo ngga ngerti juga boleh disabet pelan aja spy dia ngerti, tapi jangan terlalu keras yaa...dia pasti takut kok and nanti lama2 dia tahu apa yg boleh atau yg tdk boleh dilakukan.

Oke...Good Luck ya!
Logged
Liem Boediarto Sanjaya
Newbie
*
Posts: 26


View Profile
« Reply #5 on: January 02, 2012, 02:33:27 PM »

Setuju ama bang amigo...
Guguk aq juga meskipun udah 6 bulan, msh aja nakal n manja bgt...
Maunya di temenin...
Tp klo udah keterlaluan n bikin jengkel biasanya cm ambil 1 batang lidi aja udah takut. Tp klo msh nakal, aq pukul tp pelan2...
kasian juga kan klo guguknya ampek trauma...
Sekedar bagi pengalaman aja sih...
Smoga berkenan...
Logged
GAR
Sr. Member
****
Posts: 274


Meat....


View Profile
« Reply #6 on: January 18, 2012, 02:10:50 AM »

anjing gw pas umur 5 bulan menghabisi jok motor ku..hahahahahaha
wkt itu gw marah banget (emang agak kasar sih)..gw bawa dia nya , gw cium in ke jok motor yg abis digigit..  trus gw keplak kepalanya..

gw ulang ampe 3 kali.. abis itu dia ga pernah gigitin jok motor lagi...
latihan selanjutnya, gw taro sendal jepit..kita intip.. kalo dia udah mulai ngebawa trus mau digigit2, langsung marahin.. kalo untuk kasus ini, cuma gw bentak aja.. "HEHH..JELEK!!!" ... abis itu langsung dia lepas.. karena dia tau gw marah..

selanjutnya, gw taro lebih banyak sendal ama sepatu + kaos kaki bau.. gw tau itu kaos kaki bau karena dah ga dicuci2 dari pertama beli..hehehe...  trus gw cuma kasih isyarat tunjuk sendalnya ama sepatu, trus gw bilang jangan sambil peringatin dia pake ngacungin telunjuk..

hasilnya, aman tuh ampe sekarang dah ga pernah gigit gigit barang lagi..hehe
Logged
GAR
Sr. Member
****
Posts: 274


Meat....


View Profile
« Reply #7 on: January 18, 2012, 02:54:35 AM »

eeh, tambahan....

cara gw emang terkadang kalau diliat orang emang agak kasar (pake cara ngeplak atau ngebentak, perintah bwt anjing itu menurut gw itu harus dibedain antara yang boleh sama yang nggak dari nada bicara kita)..tapi itu cara gw ngedisiplinin anjing gw selama 15 tahun ini supaya mereka nurut dan ngikutin apa yg kita mau..

tapi selain itu kita juga harus yakin dan tau ama mental anjing kita..jangan sampai gara2 kita kayak gitu anjingnya jadi trauma dan penakut.. -- gw ga pernah sih nanganin anjing trah kecil... apa bisa ato ngga dicoba cara begitu. kalau mau pake cara itu, pastiin cuma kita aja yang ngelatihnya..jangan sampe ada orang yang ngelatih selain kita (dalam masa pelatihan).. karena beda sedikit aja anjing bakal bingung ngikutin perintah yg mana..malahan anjing bakal minta perlindungan kesalah satu majikan yang ga pernah marahin dia..ada beberapa kasus dimana anjing lebih cepet ngerti apa yang kita peringatin jadi penanganannya beda, ..ada juga yang perlu penanganan khusus karena anjingnya super hyperaktif dan cuek bebek ga peduli ama apapun.. nah ini penangannanya yang kudu ekstra.

ada orang yang protes sama cara gw ngedisiplinin anjing2 gw..dia bilang jangan begitu..tunjukin kalo kita punya martabat.. halah bagi gw itu "bullshit"...weks jadi curhat ni...gpp ya..

anjing2 beliau ini ga ada tuh yang dilatih disiplin, dan ga ada yang nurut ama dia..wkwkwk..contohnya, pas anjingnya gigit2, dia cuma bilang "no, no" dengan nada yang datar seperti dia ngobrol ama anjingnya..alhasil anjingnya terus aja gigit-gigit dia..haha panjang deh kalo mo nyeritain kisahnya. kalau beliau ini mengkritik cara gw melatih anjing gw, tunjukin kalau dia lebih baik dalam mendisiplinkan anjing2nya lebih dari gw.. (sori nih ya jadi agak esmosi..  Grin )

istri gw yang awalnya protes sama cara gw, akhirnya percaya kalo cara gw yg paling ampuh. contohnya, kalau gw ama istri  mau pergi atau pulang, ga ada yang mau nemplok ke gw..karena baju kita bakal jadi kotor..jadi yang di templok in  malah istri gw..karena awalnya istri gw ngebiarin hal itu.. akhirnya karena repot juga kalo begitu ya dipakailah cara gw.. karena sudah pada ngerti, cara ngelarangnya ga perlu lagi pake nada tinggi atau keplak mengeplak.. cukup dengan mengacungkan telunjuk kita..  akhirnya, kita dengan anjing kita bisa hidup bersama sesuai dengan apa yg kita inginkan..(bukan yang doggy kita inginkan lho..) Grin pisss

CMIIW...
« Last Edit: January 18, 2012, 03:00:24 AM by GAR » Logged
Lealoecu
Newbie
*
Posts: 3


View Profile
« Reply #8 on: June 21, 2012, 05:03:29 PM »

Samaa...saya juga punya rotweiller,skrg umur 2,5 tahun. Dari awal memang dia hyperactive,,suka gigit2 sofa,sendal dsb..wktu masi kecil saya warning seadanya kaya bilang "NO", tapi pas uda agak gedean sekitar 6 bulanan mulai saya ajarin deh ga boleh gigit2 sendal,,klo keset sih uda ampe puluhan biji abis digigit gpp..awalnya masih suka bandel,tetep gigit sendal ampe bbrp sendal temen yg dateng pasti putus dalam sekejap.
Tapi setelah saya ajarin bentak keras sambil blg NO dan kadang keplak kepalanya, dia ngerti..sekarang uda ga pernah lg gigit sendal saya,cuma sendal tetangga kadang suka kumat digigit  Cheesy
Cuma setahun terakhir ini makin parah,mobil saya yg di garasi digigit sampe spion somplak,slang bensin copot 2x. Akhirnya meski kasihan,terpaksa harus saya rantai. Biar ga nyampe ke mobil..
Rencananya mungkin klo uda 3 tahun mau dilepas lg, dengan harapan masa gigit2 nya uda hilang..biar mobil ga abis digigitin deh..
Logged
Amigo
Sr. Member
****
Posts: 366



View Profile
« Reply #9 on: June 24, 2012, 02:49:06 PM »

Wah...waah...waaah...!! Kacau nih ada yg posting IKLAN segala sekarang!! Jangan kampungan donk Gan...bisnis sih bisnis...nawarin sih nawarin...tapi pada tempatnya donk!! Jangan cuma pingin gratis ajaaaa..!! Kan msh banyak tempat Iklan yg gratis?? Punya Etika dikit!!
Logged
Petkuliner
Newbie
*
Posts: 13


View Profile
« Reply #10 on: February 10, 2015, 03:36:24 AM »

anjing kecil emang suka gigit-gigit gan.. emang udah watak dan bawaanya..
Logged
Pages: [1]
  Print  
 
Jump to:  

Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.11 | SMF © 2006-2009, Simple Machines LLC Valid XHTML 1.0! Valid CSS!