Perilaku Agresif terhadap Manusia

(via dailymail.co.uk)

(via dailymail.co.uk)

Anda mungkin pernah mendengar berita seorang nenek berusia 63 tahun dibunuh oleh 4 ekor anjing di Palmdale, California, ketika sedang jogging. Kebanyakan insiden tidak berakhir setragis itu, tapi para pelari dan pengendara sepeda sudah tahu ada kemungkinan untuk mereka tiba-tiba dikejar dan digigit oleh anjing yang agresif.

Cara terbaik untuk menghindari serangan adalah dengan melatih anjing mereka untuk tidak melakukan itu, dan selalu memastikan anjing berada dalam halaman yang terkunci atau di dalam rumah, atau memakai kekang. Sayangnya masih ada saja beberapa orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi lebih baik kita tahu bagaimana melindungi diri kita jika diperhadapkan dengan situasi buruk.

Mengapa anjing menyerang?

Dalam kasus pelari dan pengendara sepeda, gerakan mereka memicu insting memburu anjing. Namun tidak semua anjing memutuskan untuk mengejar dan menggigit sesuatu yang bergerak sangat cepat. Anjing yang melakukannya adalah anjing yang sudah belajar melakukannya – karena manusia yang tidak bertanggung jawab

Dimulai ketika anjing menggonggong untuk melindungi teritori mereka dan tiba-tiba seseorang berlari. Mengapa anjing menggonggong? Untuk mengusir orang itu. Dan apa yang terjadi ketika mereka terus berlari? Mereka pergi dan si anjing ‘menang.’ Jika ini terjadi beberapa kali, anjing belajar bahwa menggonggong akan membuat ancaman pergi.

Lama kelamaan, rasa antusias yang semakin meningkat dapat membuat anjing semakin berani dan semakin agresif sampai mereka berani untuk mengejar pelari. Dengan rasa antusias yang cukup dan energi yang tidak stabil, ini bisa mengarah ke gigitan atau serangan, dan anjing tidak sepenuhnya sadar sedang melakukannya.

Menghindari gigitan

Jika Anda menghadapi anjing agresif, hal terpenting yang harus Anda ingat adalah: tetap tenang. Jangan takut atau gelisah, dan jangan berteriak atau menendang anjing. Anjing yang agresif ingin Anda merasa tertekan sebelum mereka menyerang, tapi jika Anda tetap tenang dan dapat mengontrol keadaan, itu akan memperlambat bahkan mengusir mereka.

Hindari melakukan kontak mata langsung dengan anjing agresif. Berdirilah agak menyerong dan perhatikan anjing menggunakan ekor mata.

Ketika Anda sudah berhasil untuk tetap tenang dan menahan anjing, tuntutlah wilayah Anda. Jika Anda membawa sesuatu seperti payung, gunakan itu untuk terlihat lebih besar dan lebih berkuasa atas wilayah Anda.

Ini akan membuat Anjing membaca bahasa tubuh Anda “Aku tidak ingin wilayahmu, aku hanya ingin wilayah ini.” Pertahankan ketenangan Anda, anjing akan tahu bahwa Anda tidak takut.

Ketika anjing sadar bahwa Anda tidak mengancam dan tidak merasa terancam, mereka akan kehilangan minat dan situasi akan mencair. Sayangnya, proses ini tidak selalu berhasil.

Apa yang harus dilakukan jika Anda diserang

Terutama untuk pelari, karena Anda mungkin tidak memiliki kesempatan untuk menghindar. Pertahanan pertama adalah biarkan anjing menyerang pakaian Anda – Jika Anda menggunakan sweater, biarkan mereka menarik sweater dan perlahan Anda dapat berlindung. Bagi anjing, mereka sudah mendapatkan bagian kecil dan ini bisa menjadi pengalihan perhatian agar Anda bisa berlindung ke tempat yang aman.

Mungkin Anda harus selalu membawa sesuatu untuk digunakan, seperti sweater, tongkat, atau bahkan mainan. Anda juga bisa menggunakan sepatu jika memungkinkan.

Ingatlah untuk selalu melindungi wajah, dada, dan leher, dan buatlah kepalan tangan untuk melindungi jari Anda.

Jika Anda digigit, tahan keinginan untuk menarik. Itu hanya akan memperburuk karena dapat merobek daging Anda. Jika serangan sudah sampai titik ini, pegang kaki belakang anjing dan angkatlah mereka dari tanah.

Ingat: Anjing tidak secara alami menyerang manusia kecuali mereka merasa terancam. Kita tidak dapat selalu menghindari masalah ini karena beberapa owner anjing yang tidak bertanggung jawab. Namun, kita bisa membekali diri dengan pengetahuan yang bisa mencegah situasi bertambah buruk, dan meminimalkan luka jika terjadi serangan.

BACA JUGA:

Perilaku Agresif Terhadap Anjing Lain

Perilaku Agresif terhadap Benda atau Tempat Tertentu

Perilaku Agresif terhadap Makanan


Referensi:

https://www.cesarsway.com/dog-behavior/problem-behaviors/aggression/human-aggressive

Leave a Comment