Perilaku Agresif terhadap Benda atau Tempat Tertentu

(via dailymail.co.uk)
(via dailymail.co.uk)

Mengapa anjing menjadi agresif terhadap benda atau tempat tertentu? Karena mereka menjadi terlalu protektif.

Terkadang, meskipun anjing berperan untuk menjaga dan memberi kita peringatan akan bahaya, mereka bisa melakukannya dengan berlebihan.

Anjing yang menggonggong ketika tukang pos datang itu normal, tapi tidak normal jika mereka menggonggong terus menerus seharian. Sama halnya ketika mereka merasa curiga asing itu normal, namun jika mereka mengeram kepada orang yang sudah sering datang berkunjung, itu tidak normal.

Itu adalah tanda mereka menjadi terlalu protektif, tapi tidak hanya itu. Jika mereka terus menempel dekat Anda, Anda mungkin mengira mereka menunjukkan kasih sayang, tapi sebenarnya tidak. Mereka menunjukkan dominasi, dengan melindungi Anda dari apapun yang mereka lihat sebagai bahaya.

Mengapa anjing jadi terlalu protektif

Ada beberapa alasan anjing menjadi terlalu protektif, tapi semuanya didasari oleh satu hal – kurangnya kepemimpinan majikannya.

Ingat, anjing ingin mengikuti kita, tapi jika mereka merasa kita tidak memimpin mereka, mereka akan mengambil alih posisi itu.

Anjing bisa jadi terlalu protektif jika mereka terlalu dimanjakan. Dalam kasus ini, mereka menikmati saat mereka tidak perlu melakukan apapun untuk mendapatkan snack favorit, dan melihat Anda sebagai sumbernya – yang tidak ingin mereka bagikan dengan anjing atau manusia lain. Orang lain yang datang mendekat adalah ancaman bagi mereka mendapatkan apa yang disukainya.

Anjing juga bisa menjadi terlalu protektif ketika majikannya menunjukkan kegugupan atau ketakutan. Anjing dapat membaca energi yang kita pancarkan dan akan bereaksi, dan jika mereka merasa Anda terancam, mereka akan menjadi protektif. Energi submisif dari majikannya, tenang ataupun tidak, akan membuat anjing menjadi dominan dan tegas.

Jika ada anggota keluarga yang tidak stabil, anjing akan berusaha menjadi mediator atau penengah, itulah yang dilakukan anjing di alam liar. Jika ada anggota keluarga yang terus menerus bertengkar, atau ada tekanan di antara mereka, anjing akan berusaha untuk melakukan sesuatu dengan menjaga manusianya dari satu sama lain. Ini bisa membuat anjing agresif terhadap anggota keluarga yang terlihat lebih mengancam.

Memperbaiki perilaku ini

Karena perilaku terlalu protektif ini disebabkan oleh kurangnya kepemimpinan, cara yang paling baik untuk menghentikannya adalah dengan menjadi Pack Leader atau pemimpin kawanan. Peraturan dan batasan sangat penting untuk anjing karena itu menetapkan apa yang diharapkan dan diperbolehkan.

Ketika anjing mulai menggonggong untuk memperingati Anda, Anda tahu kapan harus beri batasan ketika mereka mulai menggonggong terus menerus. Tanggapilah dengan tenang dan tegas. Ketika anjing mulai terlalu protektif, hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah berteriak memperingati mereka, ini hanya akan meningkatkan energi mereka, dan memperburuk keadaan.

Anda juga harus menentukan batas ruang jika Anda ingin anjing tidak terlalu protektif. Buatlah batasan di sekitar Anda dan jangan perbolehkan anjing untuk memasukinya. Mereka tidak boleh mendekati Anda meskipun mereka mau. Mereka hanya boleh mendekat jika Anda memperbolehkan, jika mereka bersandar kepada Anda, dorong dengan lembut. Jika mereka menyenggol Anda, pergilah.

Hanya beri hadiah jika mereka melakukan sesuatu yang Anda sukai. Jika anjing melompat tanpa Anda perbolehkan dan Anda memberi mereka perhatian, mereka akan mengira perilaku ini akan mendapatkan perhatian Anda. Tujuannya adalah untuk mengajarkan anjing bagaimana meminta Anda untuk memperbolehkan mereka mendekati Anda, dengan menjadi tenang dan penurut dan menunggu Anda sampai memperbolehkan mereka mendekat. Perilaku yang benar akan mendapatkan hadiah – tapi mereka harus berusaha untuk itu.

BACA JUGA:

Perilaku Agresif Terhadap Anjing Lain

Perilaku Agresif terhadap Makanan

Perilaku Agresif terhadap Manusia


Referensi:

https://www.cesarsway.com/dog-behavior/problem-behaviors/aggression/territorial-aggression

https://www.cesarsway.com/dog-behavior/territorial-aggression/roverprotective-when-dogs-watch-out-too-much

Leave a Comment