anjingras.com
October 19, 2019, 10:08:38 PM *
Welcome, Guest. Please login or register.
Did you miss your activation email?

Login with username, password and session length
News: Selamat datang di Forum Diskusi Anjing Ras !!!
 
   Home   Help Search Login Register  
Pages: [1]
  Print  
Author Topic: persepsi stambun pada anjing.  (Read 15895 times)
sandyjaya88
Newbie
*
Posts: 13


View Profile
« on: March 18, 2010, 10:19:42 AM »

salam teman2 nubie mau bertanya tolong pencerahan para doglovers...

rencana mau pelihara puppies tp blon paham ama yg dimaksud stambun ato blon stambun...?
trus apa kelebihan dan kekurangan membeli puppise yg sdh stambun or blon stambun...?
banyak nanya nich,, satu lagi biasanya dogy ditatto buat apa sich...?

mohon jgn diketawain ada pepatah mengatakan "Lebih baik bertanya daripada sesat dijalan"

thanx.. Grin
Logged
Fichi
Full Member
***
Posts: 135


xo cutee!!


View Profile
« Reply #1 on: March 18, 2010, 10:30:41 AM »

biasanya.. kalo anjing kita ilang tapi pny stambum kan bisa ke perkin.. di cari anjingnya.. (gak tau bener/gak.. lom bgtu tau jga.. hehehehehe) kalo tatto sih.. mungkin kalo anjing kita pny ilank.. tapi ada tatto di kuping.. kan bisa di cari anjingnya dengan melihat tatto pada anjing tsb.. biar gak keliru/ salah anjing.. hehe gak bgtu tau jg nih.. masih newbie jg..  Embarrassed  Tongue  Shocked  Wink\

sEmOgA bErGuNa!
Logged
nikitz
Newbie
*
Posts: 38


View Profile
« Reply #2 on: March 19, 2010, 05:01:58 AM »

stamboom bukan stambun....hehhe....  Grin

stamboom tuh maksudnya anjingnya itu bener2 ras murni dari anjing tersebut, bukan campuran....

jadi misalnya anjingnya ras pomeranian murni.....disebut stamboom....kalo bukan stamboom, merupakan campuran dari ras lain....misal anjing pomeranian kawin dgn anjing shihtzu.....nah anaknya kan campuran tuh, bukan ras utuh ( bukan ras pomeranian, bukan juga ras shihtzu )

dan untuk mengetahui anjing itu stamboom / tidak, kalo stamboom, dilengkapi dengan surat silsilah dari PERKIN....nah surat silsilah ini berisi silsilah anjing yg km beli sampe generasi ke 4 di atas ( ayah ibu, kakek nenek, ayah ibunya kakek nenek,dst...)...
trus, dalam surat silsilah juga ada nomor tatoo untuk menunjukkan tanda pengenal buat si anjing ( yahh kalo org istilahnya nomer KTP kali yaa....hehhe  Grin )

tatoo ini biasanya diberikan ke anjing pada saat pengurusan surat2 silsilah di PERKIN oleh breedernya ( yg ternakin anjingnya )...tatoonya tuh berupa nomor dan huruf di telinga anjing ( bisa kanan/kiri/dua2nya tergantung besar kecil kuping si anjing) berupa titik2 lubang kecil2 membentuk angka/huruf gituu...
kalo di luar negeri, uda ga pake sistem tatoo, uda pake microchip yg ditaruh di bawah kulit anjing....

haha....gpp kok tanya2.....aku dulu juga ngerti setelah kawinin anjingku trus harus ngurus suratnya di PERKIN....jadi lumayan banyak tau......  Grin

main2 aja ke PERKIN setempat tanya2 kalo ada yg ga ngerti.....
atau tanya2 aku juga bole sebatas yg aku tau ya.....hehhee....  Grin
Logged
sandyjaya88
Newbie
*
Posts: 13


View Profile
« Reply #3 on: March 19, 2010, 08:04:39 AM »

nice share mba nikitz infox amat berguna...

gw nanya lagi nich mbak.. jadi anjing dikatakan stambom apabila mempunyai surat dari perkin ya..?
gimana kalo anjingx memang stabom tp kita nggak urus surat dari perkin apa masih sah dikatakan anjing stambom..?

thanx...
« Last Edit: March 19, 2010, 10:13:55 AM by sandyjaya88 » Logged
nikitz
Newbie
*
Posts: 38


View Profile
« Reply #4 on: March 21, 2010, 04:38:05 AM »

yahh kl ga ngurus suratnya, ga bisa dikatain stamboom.....soalnya dibilang stamboom tuh syaratnya harus ada suratnya untuk nunjukin keaslian ras tuh anjing.... Smiley

cm mau share aja nih,no offense yaaaa..... Grin

denger2 dari cerita bbrp breeder.....kadang ada bbrp petshop/breeder yg "main nakal/curang" dgn memanipulasi surat2 silsilah.....soalnya skrg ini untuk laporan pemacakan/perkawinan anjing cukup lwt telpon aja uda bisa......nahh di sini letak kekurangannya.....
kan yg dari pihak PERKIN ga liat langsung tuh proses pemacakan/perkawinan anjingnya....jadi beneran anjing yg dilaporin tuh yg bener2 dikawinin atau gak kan ga tau.....bisa2 ada yg manipulasi....
lapornya anjing A kawin dgn B ( sama2 stamboom ), tapi ternyata kenyataannya anjing A ( Stamboom ) kawin dgn X ( tidak stamboom)....
kan untuk dapetin surat stamboom harus sama2 yg punya stamboom.....

yahh susah juga untuk jadi pembeli...harus bener2 jeli kalo mau beli anjing.......cari dari breeder/petshop yg terpercaya aja..... Grin
Logged
sandyjaya88
Newbie
*
Posts: 13


View Profile
« Reply #5 on: March 22, 2010, 03:40:04 AM »

oo gitu ya.. pantesan anjing yg stambom cenderung harganya lebih mahal dibandingin non stambom..
trus mbak biasax ngurus surat2 dr perkin biasax dikisaran harga berapa ya...? tolong dishare donk sekalian...
krn pug yg rencana ane beli ini info dr penjualx sich stamboom tp kalo mau urus surat2x sich lumayan mahal...
gimana pendapatx mbak apa mmg sebaikx surat2x diurus..?

banyak nanya ya sorii ya nubie sich...  Kiss
Logged
nikitz
Newbie
*
Posts: 38


View Profile
« Reply #6 on: March 22, 2010, 03:51:38 AM »

kalo yg lapor jadi anggota PERKIN lebih murah untuk urus surat2nya.....trus kalo lapor tepat waktu ( mulai lapor perkawinan, lapor kelahiran) harga juga murah....biasanya sih 1 anjing kira2 100-200ribu....itu uda termasuk surat silsilah, lapor pemacakan ( lapor kawin ), biaya tatoo,....itu kl anggota PERKIN ya.... kalo bukan anggota harganya bisa mahal bgt.....

kalo lapornya telat ( lapor kawin ataupun lapor lahir), harganya bisa lebih mahal 2x lipat setauku......ga tau juga... ga pernah telat kalo lapor sih.....dendanya agak mahal soalnya..... Grin
trus lebih enak jd anggota juga, jauhhhh lebih murah drpd ga jadi anggota....kalo bukan anggota, bisa kena 4x sampai 5x lipat harganya.....misal untuk buat silsilah kalo anggota cm 50ribu, kalo bukan anggota bisa 200ribu tuhh......
untuk jadi anggota baru bayar 50 ribu, trus bayar iuran anggota cm 50ribu kok setahunnya.....itu pun kalo akhir tahun masih dikasi agenda kalender biasanya.....  Grin

jadi kl mau urus surat, yah yg ngawinin tuh anjing yg urus...bukan yg beli.....soalnya kan yg tau induknya kawinnya kapan, lahirnya kapan kan yg ngawinin anjingnya...bukan kamu yg beli...hahaha....  Grin

mmg km lokasi di mana? jakarta? itu yg aku kasi tau kisaran harga untuk PERKIN Jawa timur ya..... ga tau kl di jakarta..... Wink
Logged
sandyjaya88
Newbie
*
Posts: 13


View Profile
« Reply #7 on: March 22, 2010, 06:03:05 AM »

ane dimks kira2 sama nggak hargax...?
btw tq atas pencerahanx mbak.....
Logged
nikitz
Newbie
*
Posts: 38


View Profile
« Reply #8 on: March 22, 2010, 10:28:48 AM »

di makasar? seharusnya sih sama ya....kan seharusnya ada standard harga dari PERKIN.....
cuma ga tau lg ya hehehe.....  Grin

ya sama2.......saya senang kok menjelaskan ttg dunia anjing..... Grin
Logged
GAR
Sr. Member
****
Posts: 274


Meat....


View Profile
« Reply #9 on: April 13, 2010, 08:49:16 AM »

anjing stambum ato ngga...bedanya...
Setahu gw, begini..

Anjing yang stambum
Anjing yang sudah ada silsilah keluarganya.Jadi di surat2nya nanti ada silsilah bapaknya siapa, induknya siapa sampe nenek moyangnya ada. Tujuannya kita jadi bisa treshing anjing itu termasuk keturunan anjing yang bagus ato ngga. makanya biasanya ada jualan anak anjing dengan nyebutin silsilah keluarganya...sampe misalnya "jual anak anjing keturunan XX von XX"..biasanya yang disebutin itu anjing bagus / juara/import/dll..

Ada Stambum Tujuannya untuk mencegah anakan yang kawin ama induk/bapaknya sendiri..nah kalo udah kayak gitu, biasanya gak bakal bisa dapet surat deh. Karena biasanya yang kawin masih satu keluarga deket begitu pasti ada aja cacatnya yang biasanya ketauannya kalo udah gede. Gw punya pengalaman punya anjing herder hasil dari kawin iduk ama anaknya...pas udah gede baru ketauan penyakitnya dan agak gak normal dan kena penyakit terus..padahal induk ama bapaknya bagus..

Anjing non stambum..
Biasanya gak bisa ikut pameran/show. trus susah kawinnya kecuali yang punyanya sama2 kenal. Cuma nanti anakannya kalo dijual harganya jadi murah.

Jaman dulunya anjing yang kawinnya gak satu trah, biasanya anakannya harus dibunuh..apalagi kalo keturunannya jelek...sampe2 bapak ama induknya juga dibunuh. Tujuannya untuk ngasilin trah yang bagus terus. Tujuannya sih bagus untuk meminimalisir penyakit turunan. tapi sepertinya gak berperikebinatangan ya..hehe. nah makanya anjing kampung itu anjing yang gak jelas keturunannya...tapi gw paling suka ama anjing kampung karena resistan terhadap penyakit.
Logged
GAR
Sr. Member
****
Posts: 274


Meat....


View Profile
« Reply #10 on: April 13, 2010, 09:00:15 AM »

Oh iya..ada contoh kasusnya seperti begini..

Ada Pitbull APBT di Amerika..bentuknya lebih kecil dari yang umumnya...penyakitan, kurus...tapi ketika diadu (jaman dimana adu anjing belum dilarang), selalu menang meskipun sama yang beratnya 2x nya..akhirnya keturunannya selalu dicari orang..kalo gak salah namanya Ch. Chinaman..

Nah kebanyakan pitbull itu gak ada surat (AKSI)..karena silsilahnya udah gak jelas.. banyak yang udah dikawin campur sama amstaff ato boxer ato dogo tapi pas keluarnya mirip pitbull, yang punyanya bilang ini pitbull asli..nah hasilnya banyak pitbull yang padahal sifat tempramennya stabil malah agresif karena hasil kawin ama doberman ato boxer. Banyak sekarang yang ngaku anjingnya bull terrier padahal itu hasil campuran ama anjing kampung..jadi kita harus hati2 banget.

Kalo masalah banyak yang kongkalingkong ama PERKIN untuk dapet surat, untuk belinya mending kita cari tau dulu begron penjualnya..kalo beli anjing di petshop juga kudu ati2...tanyain siapa yang punyanya...dan liat juga cara petshopnya ngurus anjingnya...kalo jorok ato gak bener, mending jangan dibeli disono..
Logged
Fichi
Full Member
***
Posts: 135


xo cutee!!


View Profile
« Reply #11 on: May 18, 2010, 05:07:54 AM »

O EA! pernah dngr anjing pittbull CH. CHINAMAN, mirip pittbull, ea.. tapi.. kurussss banget...  =_=" gk kaea APBT yg biasanya.. itu anjinf menang mulu di pertandingan, lawan APBT yg tubuhnya sekita 2x lipat lebih gede tetep menang, pas umur 7 taon juga tetep menang pas di tantang sm orang yg pny anjing APBT muda.. keren tuch.. STB pada anjing juga biar kita tau ini anjing bnr'' ANJING RAS ato CAMPURAN dgn anjing laen..
Logged
Pages: [1]
  Print  
 
Jump to:  

Powered by MySQL Powered by PHP Powered by SMF 1.1.11 | SMF © 2006-2009, Simple Machines LLC Valid XHTML 1.0! Valid CSS!