anjingras.com

General Category => Perawatan Anjing => Topic started by: olive on February 04, 2008, 09:01:09 AM



Title: batu ginjal di anjing
Post by: olive on February 04, 2008, 09:01:09 AM
Saya baru2 ini kehilangan anjing pug yg hampir berumur 7thn akibat gagal ginjal. Baru t'deteksi 3 bln seblm akhirnya olive harus pergi. Semenjak divonis terkena batu ginjal (di kedua ginjal, masing2 diameter 2cm), saya mencari byk informasi dari internet. Saya hanya ingin supaya pemilik2 anjing, khususnya anjing2 ras kecil yg memang punya kelemahan genetik di ginjal. Saya tidak ingat apa2 saja, tapi yg pasti daschund, mini schnauzer, terrier (dan selbhnya bisa dilihat sendiri di internet). Sebenarnya pug tidak termasuk kategori ras yg sering terkena batu ginjal, tapi kasus itu ada bbrp. Dan menurut dokter, kemungkinan gagal ginjal olive itu congenital (bawaan dari lahir) hanya saja perkembangan batu di ginjal itu diikuti oleh pola makan yg mgkn tdk sehrsnya.
Bbbrp simptom yg saya baca di internet dan kemudian teringat dgn yg pernah dialami olive (saat itu olive msh sehat bgt dan happy) adalah:

- sewkt2 badannya sedikit tremor/bergetar tapi kemudian setlh bbrp menit hilang dan dia
   tampak sehat2 saja.
- sering menjilati hidungnya
- sering sekali minum atau malah sebaliknya
- nafas mulut sedkt berbau metal atau tidak enak
  (dari kecil dia udah ada bau mulut, tapi kata dokter, dia ada skdt kelainan enzym dan
   katanya tidak berbahaya)

Selebihnya, saya juga menyarankan pemilik anjing kecil khususnya dan yg anjingnya overweight untuk rutin tiap tahun mengambil tes darah dan urine utk peliharaan mereka. Dari urine, yg perlu dilihat adalah tingkat ureum dan kreatinin. Untuk lebih jelas, bisa ditanyakan lgsg ke dokter hewan. Menurut dokter hewan saya, anjing mulai umur 4thn sebaiknya tiap thn dites darah. Tapi sejak pengalaman ini, saya pikir 4thn terlalu lama dan setelah melihat apa yg dialami olive, setidak2nya saya bisa lbh teliti dan was2 lbh cepat.
Sama spt otak, jantung...ginjal juga bukan organ yg bisa regenerasi, jadi saya harap apa yg saya tulis bisa sedkikit membantu.


Title: Re: batu ginjal di anjing
Post by: Shinley on February 06, 2008, 05:48:19 PM
Aku juga pernah nemuin kasus kayak gini, ya mang kalo ketemunya pas udah parah kayaknya mang rada susah. Bisa seh diselametin dengan jalan operasi tapi ya itu gag jamin juga. Kenapa gag coba keji beling ato obat batu ginjal yang buat manusia, sepengalamanku itu bermanfaat juga kok, biasanya mang dicampur klorofil gitu.

Btw, turut berduka ya buat olive he8x moga2 cepet punya penggantinya.


Title: Re: batu ginjal di anjing
Post by: olive on February 09, 2008, 01:35:01 PM
thx shin..

ternyata bbrp hari yg lalu, kerabat gw ada yg anjingnya bbrp bulan lalu didiagnosa dgn batu ginjal. bbrp hari seblm operasi, dia dikasih sejenis kayu dari ternate, namanya kayu kuning. dipotong2 dan direbus...airnya diksh minum ke si anjing 3x sehari. sesdh 3 hari...batu2nya pada keluar. yg plg gede segede kuku jari jempol. dan skrg dah sembuh
at least, gw dah tau jadi kalo ada yg punya kasus gini....cari aja yg namanya kayu kuning. cuman ada di ternate doank.

iya, rencananya mau cari lagi pug dlm bbrp bulan ini.

cheers ;)


Title: Re: batu ginjal di anjing
Post by: ivanova on March 03, 2008, 04:00:01 PM
dikarenakan makanan yang kurang bagus dan minum kurang. setahu saya ada dogfood khusus unutk masalah batu ginjal bisa hancur setelah makan dogfood tersebut itu merk royal canin dan dijual khusus di dokter hewan. kalau penanganan untuk pemeliharaan pakai acana atau orijen.


Title: Re: batu ginjal di anjing
Post by: humarnursalim on March 06, 2008, 03:54:56 PM
Dear all,

Saya ingin menanyakan..apakah anjing bisa terkena batu ginjal jika air minumnya terdapat pasir?Kadang anjing saya suka menjilat2 makanan di lantai sehingga sewaktu minum maka air minumnya terkontaminasi ama pasir yg mana menempel pada lidahnya..


Regards,