Sewa Apartemen Jual Apartemen
Situs Anjing Dijual True Iconic Indonesia
Sign Up! Advance Search

logo Anjing Ras
RX Profesional Grooming
Smile Pets Delivery
Treasure Nebula Kennel
Salon Anjing Panggilan
AnjingRas.com arrow Artikel Anjing arrow Pola Penanganan Anjing Yang Tak Mau Makan
Pola Penanganan Anjing Yang Tak Mau Makan PDF Print E-mail
Article Index
Pola Penanganan Anjing Yang Tak Mau Makan
Page 2

Salah satu kesalahan terbesar para pemilik anjing peliharaan adalah memberi makan terlalu banyak, sehingga anjingnya menjadi kelebihan berat badan atau obesitas. Seperti kita ketahui bersama, obesitas mendatangkan banyak gangguan dan penyakit, tak hanya bagi manusia tetapi juga bagi anjing. Itulah sebabnya, pembahasan mengenai anjing obesitas, baik mengenai gejala, pola penanganan dan tindak pencegahannya, sering kali menghiasai laman forum-forum pecinta anjing di dunia maya.

Padahal, tak hanya obesitas saja yang perlu mendapat perhatian khusus. Sebaliknya, anjing yang tidak mau makan juga sangat perlu Anda perhatikan.

Umumnya, anjing sangat suka makan. Bahkan, beberapa pemilik anjing mengaku, peliharaannya dapat menghabiskan makanan apapun yang disodorkan kepadanya. Jadi, tak heran jika pemilik anjing peliharaan kelimpungan, bila anjingnya tiba-tiba tidak napsu makan, bahkan sampai tak mau makan sama sekali. Apalagi jika si anjing mengalami penurunan berat badan, menjadi lesu dan divonis anoreksia.

Mungkin beberapa di antara Anda masih sulit percaya, tetapi ternyata anoreksia juga bisa diderita anjing. Memang gejalanya tidak sama dengan anoreksia yang lazim dialami manusia, tetapi kelainan ini sangat perlu diwaspadai, sebab dapat membahayakan nyawa anjing peliharaan Anda tercinta.

Nah, langkah pertama yang harus Anda lakukan saat anjing peliharaan Anda tidak napsu makan adalah menyelidiki penyebab dari munculnya gejala tersebut. Perlu Anda ketahui, penurunan napsu makan secara temporer bisa dianggap normal. Jadi, Anda tidak perlu panik berlebihan jika mendapati tempat makan anjing Anda masih tersisa, karena beberapa faktor alamiah dapat membuat anjing tidak mau makan untuk sementara waktu.

Namun, jika si anjing menolak makan selama lebih dari 48 jam, Anda patut curiga. Hal ini bisa dianggap sebagai penanda akan adanya sesuatu yang tidak beres pada tubuh anjing Anda.

Penyebab

- Faktor Psikologis

Penyebab utama anjing tidak mau makan adalah karena ia stress. Pemicunya bisa bermacam-macam, namun biasanya karena adanya perubahan pada diri atau lingkungannya yang membuatnya tidak napsu makan. Misalnya, karena baru saja pindah ke tempat baru, ditinggal majikannya pergi, memiliki majikan baru, ada anjing baru yang memasuki teritorinya, atau justru salah satu anjing di sekitarnya baru meninggal.

Yang perlu Anda ingat adalah, semua anjing berbeda. Jadi, Anda harus mengambil pendekatan yang berbeda juga.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat si anjing merasa rileks dan nyaman. Tetapkan jadwal harian yang baku, dan biarkan ia beradaptasi dengan jadwal tersebut. Hujani ia dengan perhatian dan kasih sayang, karena itulah yang paling ia butuhkan saat ini. Ajak ia berjalan-jalan dan seringlah mengajaknya bermain.

Saat stress-nya hilang, niscaya napsu makan anjing Anda akan kembali normal, dan ia pun tak akan terlihat lesu lagi.

- Kondisi Kesehatan

Faktor lain yang bisa memicu penurunan napsu makan pada anjing adalah gangguan kesehatan. Infeksi, penyakit autoimun, pernafasan, pencernaan, tulang, endokrin dan neurologis dapat menyebabkan anjing tidak napsu makan.

Berbagai gangguan yang melibatkan organ perut juga bisa menyebabkan ia tidak napsu makan, misalnya peradangan di perut, yang menyebabkan terbatasnya jumlah makanan yang bisa ia konsumsi, karena umumnya akan timbul rasa sakit jika ia makan terlalu banyak. Ada juga penyakit seperti neoplasia (tumor hati) yang menyebabkan anjing sangat sulit mengonsumsi makanan.

Di samping itu, beberapa penyakit berikut juga disinyalir dapat menyebabkan penurunan napsu makan pada anjing:

• Gangguan pencernaan
• Infeksi bakteri
• Hepatitis
• Penyakit ginjal
• Gangguan pankreas
• Kanker
• Diabetes mellitus
• Penyakit pernapasan, seperti batuk asma
• Radang usus
• Obstruksi gastrointestinal
• Infeksi saluran kemih, dan
• Penyakit yang disebabkan oleh parasit seperti cacing tambang

Jika Anda mencurigai penyebab berkurangnya napsu makan anjing Anda adalah karena salah satu dari penyakit di atas, maka Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan. Dokter hewan dapat melakukan berbagai tes untuk menegakkan diagnosa penyebab berkurangnya napsu makan anjing Anda.

- Obat-obatan

Sebaliknya, beberapa jenis obat-obatan juga dicurigai dapat menurunkan napsu makan anjing. Obat-obat yang diberikan untuk arthritis atau alergi seperti aspirin, deramaxx carprofen, dan naproxen termasuk di dalamnya.

Penanganan

Setelah memastikan penyebab berkurangnya napsu makan anjing Anda bukanlah karena gangguan kesehatan, berikut beberapa cara untuk mengembalikan keinginan makan anjing Anda.

1. Evaluasi kembali kebiasaan makannya

Beberapa pemilik anjing gemar memberikan kudapan bagi anjingnya. Sebenarnya, langkah ini keliru, karena jika anjing sudah terlalu kenyang dengan makan kudapan, ia tidak akan mau menyentuh makanan pokoknya lagi.

Oleh sebab itu, jika Anda sering memberikan anjing Anda kudapan, apalagi kudapan yang sebenarnya bukan diperuntukkan bagi anjing, maka hentikanlah kebiasaan itu. Kompromikan juga dengan anggota keluarga lainnya, dan pastikan mereka tidak memberikan anjing Anda kudapan yang tidak seharusnya.

Selain itu, letakkan makanan sisa dan keranjang sampah di luar jangkauan anjing Anda, guna memastikan anjing Anda tidak mencuri-curi makanan. Apalagi, beberapa jenis makanan dapat membahayakan nyawanya.

2. Menetapkan jadwal makan yang teratur

Anjing akan lebih mudah diberi makan pada waktu yang sama setiap hari. Jadi, Anda perlu menetapkan waktu yang teratur untuk makan. Setelah Anda meletakkan makanan di depannya, beri ia waktu 10 menit untuk makan. Jika dia tidak menyentuhnya, singkirkan mangkuk makan dari hadapannya. Lambat laun, ia akan terbiasa dengan waktu makan yang Anda tetapkan, dan akan mengerti bahwa ia harus makan saat makanan disajikan, jika tidak mau makanan itu dibawa pergi darinya.

3. Bangkitkan keinginan makan anjing Anda

Ubah sikap dan pandangan mereka terhadap makanan. Mulailah menyiapkan makanan anjing pada saat yang sama dengan saat Anda memasak makan malam untuk diri Anda sendiri. Buatlah diri Anda terlihat sangat bersemangat, kalau perlu buatlah suara-suara konyol yang akan mencuri perhatian anjing Anda.

Anda juga bisa mencoba mengudap di depan anjing Anda. Hal ini akan merangsang mereka untuk makan, dan membangun rasa lapar alami mereka.

Proses ini memang memakan waktu, namun pastinya bisa membangkitkan kembali nafsu makan dan semangat makan anjing Anda. Hasilnya, ia akan mulai menikmati kegiatan makannya lagi.

4. Memastikan area makan bebas gangguan

Jika anjing Anda termasuk rewel, mungkin sebaiknya Anda memberinya makan di tempat yang tenang, bebas dari kebisingan dan gangguan. Hal ini akan sangat membantu, terutama jika anjing Anda cenderung mudah panik. Pastikan tidak ada anak-anak atau anggota keluarga lain di sekitarnya saat ia makan, agar konsentrasi makannya tidak terganggu.

Ditulis oleh Hans Krishandi untuk www.AnjingRas.com


User Comments

Comment by GUEST on 2012-06-25 16:17:11
anjing saya dr td pgi gag mau makan...tetapi dia msh aktif sperti menggonggong ataupun di ajak jalan-jalan msh mau .. cuma nafsu mkannya yg berkurng... jd sedih :(

Comment by GUEST on 2012-12-03 19:54:09
anjing saya 18 bulan, tidak mau makan 2 hari, sering muntah, lalu sulit berdiri, kaki belakangnya seperti gemetar, kotoran matanya banyak seperti habis menangis,,,saya bingung apa yang harus saya lakukan?

Comment by GUEST on 2012-07-19 14:47:20
anjing sya umur 1,5bln lusa kemarin saya kasih obat cacing stlh itu gag mau mkan dog food sama sekali kenapa ya? 
takut banget dia kenapa-kenapa. 
plis info

Comment by GUEST on 2012-06-08 10:32:02
Mhon Anjing Saya Miko Gak Mau Makan Sudah Dua Hari Dia Ga Makan Tolong Saya Nangis Udah Sampai am 1 malem tolong dong saya mohon banget ini karena ia adalah anjing peliharaan pertama saya dan juga anjing paling pintarmenurut saya, mohon saya takut ia matii

Comment by GUEST on 2012-09-15 16:32:13
doggy saya umur 3tahun dia ga mau mkan kalau pgi trus tiap mlem nya dia sering batuk kadang berdahak kadang ngga ,knpa yaa apa mngkin efek dri itu batuk apa gmna?

Comment by GUEST on 2012-05-26 09:41:37
anjing saya 1,5 ga mw makan:( bru smalem makan saya ksh susu dog food trs agak malem minum susu..malem hri saya cek dy muntah 2 x,,.paginya saya bangun saya ksh dog food..ga mw lg dy...:( cemas saya

Comment by GUEST on 2012-08-30 14:17:49
Anjing saya 6 tahun udah 2 minggu-an makannya dikit, tpi msh mau minum susu. Abis k dokter hewan, dkasi vitamin,antibiotic ama 1 tablet yg aku ga tau, skrg dia malah jdi ga mau makan sma sx, ga mau minum susu jga :( :( oya suhu bandannya trutama daerah mulut n lidah agak panas n tiap harinya cuman tidur trus :( :( tolong dibantu

Comment by GUEST on 2013-10-15 21:49:26
Selesai divaksin rabies dan vitamin,anjing saya jadi malas makan,dan muntah2,kenapa ya?

Comment by GUEST on 2011-09-05 21:01:55
Saya baru adopsi anjing usia 14bln .. Dan dia mogok makan nya mugkin karena stress.. Stress nya pindah k saya.. Saya takut kl dia mati ..hikksss hikkss..

Comment by GUEST on 2012-02-26 08:54:08
nah anjing saya semenjak temennya dia si hachiko di ambil dia jadi agak stress dan dia pergi ke kandangnya hachiko terus..knapa yaa mohon di jawab..thx




 
 
 Popular
Anjing Shih Tzu

Anjing Golden Retriever

Anjing Siberian Husky

Anjing Beagle

Anjing Pug

Anjing German Shepherd (Herder)

Anjing Rottweiler

Anjing Labrador Retriever

Anjing Chihuahua

Anjing Chow Chow

Hayoo.... ke sini kalo berani!!!

Peternak/Breeder Anjing Pit Bull di Jakarta Indonesia - Tornado Kennel

Anjing American Eskimo

Anjing American Bulldog

Anjing Boxer

Anjing Golden Retriever - Rocky

Anjing Affenpinscher

Anjing Toy Fox Terrier

Anjing Bolognese

  Latest Forum Postings  
  Need Help.. Leptospirosis! *2  
  Japanese mastiff atau german shepard mix? ??? Help me to find out  
  Anak anjing husky Siberia untuk dijual berumur 12 minggu,  
  terima hibah anak husky  
  Anak kucing BSH untuk dijual berumur 12 minggu mencari rumah baru  
  British kucing rambut pendek untuk dijual berumur 12 minggu mencari rumah baru  
  Anak kucing BSH untuk dijual berumur 12 minggu mencari rumah baru  
  Mata biru Siberian husky puppies untuk dijual berumur 12 minggu  
  British kucing rambut pendek untuk dijual berumur 12 minggu mencari rumah baru  
  Information on Pug Puppies  
God Bless Bully Kennel
Tornado Kennel - APBT Specialist
Promosi di AnjingRas.com
anjing ras
 Latest Comment
WTB Pug Jantan Fawn - Jakarta
WTB anakan pug bloodline ina champion? 2 jt-an. Call: 087781559209 (Serious buyer only)
Dihibahkan Anjing Chihuaha
Mau dongggg mau buat temen anjing cihuahuaku ! Ini umur brp ? Sexnya ? Saya daerah jaktim
Jual Cepat Chinese Shar-Pei Betina
Asli ga ne? Kok ky campuran ya? Sy mau cr sharpey asli untuk di jodohin ke sharpey sy.
Pasang Iklan Anjing
semi-hibah anjing Golden (ganti biaya perawatan saja) - jantan 1,5 thn - sehat - terawat - vaksin Jika berminat, bisa menghubungi nomor : 0813-1130-5615 (serius only) *tidak membalas email Lokasi : Cengkareng, Jakbar
Semi Hibah Anjing Mix Kancil
dear Mr. / Mrs. Susy saya minat dengan Pepy, kebetulan saya d bekasi jg. no telp saya 0896 628 00 181 ( bsa whatsapp )
Hibah Anjing Mix Lokal (Size Kecil)
ADOPTED! \\^^/
Jual 10 Ekor Mini & Super Mini Pomeranian
^^
Jual 10 Ekor Mini & Super Mini Pomeranian
^^
Jual 10 Ekor Mini & Super Mini Pomeranian
^^
Anjing Golden Jantan Mencari Jodoh - Jakarta Utara
saya punya betinanya gan...calll me 085776042236...posisi kranggan lgnsung ke tempat ane aje