3 Tanda Utama Anjing Stress

(via purina.co.uk)
(via purina.co.uk)

Anjing adalah hewan yang sangat pintar menyembunyikan rasa sakitnya, jadi akan agak sulit untuk kita mengetahui ketika mereka sedang merasakan sakit. Banyak hal yang dapat mengakibatkan anjing stress dan bisa agak sulit untuk menemukan apa penyebabnya. Langkah utama, tentunya mengetahui dulu saat anjing sedang stress. Cara anjing menunjukkan stress sangat berbeda dengan manusia, tapi 3 hal ini adalah tanda utama anjing memerlukan perhatian ekstra.

#1 – Terengah-engah berlebihan

Beberapa anjing terengah-engah lebih dari yang lain, tapi kalau bukan karena cuaca panas, anjing seharusnya tidak terengah-engah secara berlebihan. Anjing yang sedang stress dan gelisah seringkali terengah-engah meskipun mereka sedang duduk di dalam ruangan yang ber-AC. Terengah-engah adalah cara anjing mengurangi stress dan menurunkan suhu tubuh mereka, yang naik karena  tekanan sekitar. Jika Anda melihat anjing terengah-engah bukan karena olahraga atau suhu panas, pastikan mereka tidak dalam ketidaknyamanan fisik atau emosi.

#2 – Mata, Telinga, & Ekor

3 bagian ini dikumpulkan menjadi 1 karena memang diperlihatkan bersamaan. Tanda pasti anjing sedang stress adalah ketika telinga mereka turun ke belakang. Tanda lainnya adalah ketika bagian putih dari mata anjing terlihat. Jika ekor naik dan kaku atau ekor diselipkan diantara kaki juga merupakan tanda mereka sedang stress. Yang telah disebutkan tadi adalah tanda anjing merasa tidak nyaman dan bahkan ketakutan. Tanda stress ini tidak boleh dihiraukan,  dan harus waspada karena anjing yang merasakan 3 hal ini kemungkinan bisa menggigit karena ketakutan.

#3 – Kehilangan Napsu Makan

Bahkan anjing yang sedang lapar akan mengabaikan makanan jika mereka sedang stress. Banyak orang tidak berhasil dalam mencoba menyogok anjing liar dengan makanan. Kebanyakan anjing, seperti manusia, akan kehilangan napsu makan ketika mereka sedang stress. Jika Anda melihat anjing mulai tidak mau makan, itu adalah tanda mereka sedang stress secara fisik ataupun mental. Apalagi jika anjing mulai tidak mau ketika disuguhi snack kesukaan mereka, segeralah berkonsultasi dengan dokter hewan untuk memastikan.

Ketika dihadapkan dengan mengenali tanda-tanda stress pada anjing, terkadang kita harus memperhatikan detail kecil. Stress terpicu bisa karena sakit secara fisik, cedera, atau faktor lingkungan. Beberapa anjing lebih gampang stress daripada yang lain, jadi pastikan untuk selalu memperhatikan anak anjing kita. Kita harus lebih sensitif untuk memperhatikan kebutuhan dan kepribadian anjing yang unik. Yang penting ketika Anda melihat anjing Anda stress ketika diperhadapkan dengan situasi tertentu, segera pindahkan dia ke tempat lain. Anjing sangat bergantung kepada Anda, jadi kenyamanan dan level stress mereka tergantung Anda. Lakukan apapun yang Anda bisa untuk membuat anjing merasa senang dan aman.


Referensi:

iheartdogs.com/3-major-signs-your-dog-is-stressed/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *